Cara Gampang Membuat Bolu Pandan Kukus Anti Gagal

Mitchell Guzman   19/08/2020 21:46

Bolu Pandan Kukus
Bolu Pandan Kukus

Sedang mencari inspirasi resep bolu pandan kukus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu pandan kukus yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu pandan kukus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bolu pandan kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Beberapa diantaranya yang paling digemari adalah bolu kukus pandan dan bolu kukus gula merah. Hal tersulit yang kerap dihadapi oleh para ibu dalam membuat kue ini adalah membuat bolu kukus menjadi mekar. Nah, kerap kali kue bolu tidak mau mekar dengan sempurna sehingga teksturnya menjadi bantet.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat bolu pandan kukus yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bolu Pandan Kukus menggunakan 12 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bolu Pandan Kukus:
  1. Ambil bahan A :
  2. Siapkan 150 gram gula pasir
  3. Siapkan 3 butir telur
  4. Ambil 1 sdt SP
  5. Sediakan 1/4 sdt vanili
  6. Sediakan bahan B :
  7. Sediakan 150 gram tepung terigu
  8. Sediakan 1/4 sdt garam
  9. Sediakan bahan C :
  10. Gunakan 100 mili margarine leleh (saya ganti minyak goreng)
  11. Gunakan 1/2 sachet SKM putih (2 sdm)
  12. Siapkan 1 sdt pasta pandan

Cek juga kreasi serupa seperti bolu kukus pelangi, bolu kukus gula merah dan lainnya di tautai ini. Jika ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk tanya kami ya. Padahal bolu pandan kukus tanpa mixer yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu pandan kukus tanpa mixer, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu Pandan Kukus:
  1. Mixer bahan A sampai putih,kental dan berjejak,,matikan mixer (bila mixer di angkat akan berbentuk)
  2. Masukkan bahan B sambil di ayak,,,mixer dengan speed 1 sebentar asal rata saja,,matikan mixer
  3. Tuang bahan C lalu aduk balik dengan spatula,,aduk sampai tercampur rata dan tidak ada yang mengendap di bawahnya,,,,ingat jangan over mix
  4. Tuang ke dalam loyang uk/ 26cmx10cmx4,5cm,,,kalau saya pake loyang kotak uk/ 22cm,,,sebelumnya olesi loyang dengan margarine/minyak makan lalu alasi dengan kertas baking lalu hentakkan pelan 3x supaya udara yang di dalam keluar
  5. Kukus selama 30-35 menit gunakan api sedang agar permukaan bolu tidak bergelombang
  6. Setelah matang (tes tusuk),,,dinginkan lalu keluarkan dari loyang
  7. Dekor kue bolu sesuai selera

Bolu kukus pandan adalah salah satu variasi olahan bolu yang diberikan ekstrak pandan sebagai penambah aromanya. Bukan cuma untuk aroma, pandan juga memberikan warna hijau yang cantik untuk olahan kue bolu. Kue klasik bolu pandan memang selalu disukai banyak orang. Bahkan karena bolu bisa dibuat dengan cara dikukus, siapapun bisa mempraktikan. Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Empuk - Bolu kukus merupakan makanan dalam kategori jenis kue yang dibuat dengan cara dikukus.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu pandan kukus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved