Langkah Mudah untuk Membuat Bala-bala Wortel  Sambal Kecap Anti Gagal

William Carr   04/12/2020 17:57

Bala-bala Wortel  Sambal Kecap
Bala-bala Wortel  Sambal Kecap

Sedang mencari ide resep bala-bala wortel  sambal kecap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bala-bala wortel  sambal kecap yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bala-bala wortel  sambal kecap, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bala-bala wortel  sambal kecap enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sosis bakar pedas sambal kecap enak lainnya. Selain dimasak dengan campuran kol, wortel, dan taoge, bala-bala sayur ini juga enak dicampur jagung manis. Rasanya makin lezat jika Anda menggunakan resep pilihan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat bala-bala wortel  sambal kecap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bala-bala Wortel  Sambal Kecap memakai 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bala-bala Wortel  Sambal Kecap:
  1. Siapkan Bahan bala²/bakwan
  2. Gunakan 200 gr wortel
  3. Ambil 100 gr tepung terigu
  4. Siapkan 1/2 gelas air
  5. Siapkan 1 sdt garam
  6. Ambil 1 sdt gula pasir
  7. Ambil 2 siung bawang putih, haluskan
  8. Sediakan 1 sdt ketumbar, haluskan
  9. Siapkan 1/2 batang daun bawang
  10. Ambil Minyak untuk menggoreng
  11. Sediakan Bahan sambal kecap
  12. Siapkan 1 sdm kecap manis
  13. Sediakan 5 buah cabe rawit
  14. Ambil 1 siung bawang putih, haluskan
  15. Ambil 1/2 batang daun bawang, iris tipis
  16. Sediakan 1/3 gelas air panas
  17. Sediakan 1/2 sdt garam

Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Merdeka.com - Memasak nasi bisa dibilang menjadi rutinitas masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga.

Langkah-langkah membuat Bala-bala Wortel  Sambal Kecap:
  1. Siangi wortel, kemudian serut atau diiris bentuk batang korek api. Campurkan dengan terigu, air, garam, gula, bawang putih, daun bawang dan ketumbar. Aduk sampai rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Tuangkan adonan bakwan sebanyak satu sendok sayur di sisi cekungan wajan, ratakan dan biarkan hingga bakwan merosot sendiri dan berendam di minyak 😁😁 ulangi sampai wajan penuh.. gunakan api sedang saja ya..
  3. Setelah bakwan yang terendam minyak mengapung, artinya sisi bawah bakwan sudah cukup matang untuk dibalik. Tapi jika suka gorengan yang lebih kering, biarkan sebentar untuk kemudian dibalik. Goreng sampai sisi satunya matang. Kemudian angkat dan tiriskan. Ulangi hingga adonan habis.
  4. Sekarang kita buat sambal kecapnya.. masukkan kecap ke dalam mangkuk kecil, tambahkan garam, bawang putih halus, potongan cabe rawit dan daun bawang. Lalu sirami air panas dan aduk hingga rata.
  5. Siip.. bala² sudah siap dicocol dengan sambal kecap 😋😋 mantap..👍👍😍💕

Maraknya film Korea juga ikut membuat banyak anak muda penasaran dengan keunikan, ciri khas, hingga makanan Korea. Panaskan tongkol di teflon hingga agak kering. Campurkan semua bahan, kemudian tambahkan kecap dan jeruk limo dan aduklah secara merata sebelum disajikan. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan potongan ayam, aduk-aduk, beri sedikit air. b. Sambal goreng kentang wortel. foto: @aktrinurfaa via Instagram/@guniezzt.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bala-bala wortel  sambal kecap yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved