Resep Sambal Roa, Menggugah Selera

Gerald Briggs   21/08/2020 09:48

Sambal Roa
Sambal Roa

Sedang mencari ide resep sambal roa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal roa yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal roa, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sambal roa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal roa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Roa memakai 9 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambal Roa:
  1. Ambil 24 ekor ikan roa kering (2 gepe/jepit)
  2. Ambil 15 siung bawang merah
  3. Siapkan 8 siung bawang putih
  4. Ambil 8 tomat
  5. Ambil Cabe rawit (sesuai selera)
  6. Ambil Cabe merah keriting (sesuai selera)
  7. Siapkan Garam
  8. Ambil Gula
  9. Gunakan Ajinomoto

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit. Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia.

Cara menyiapkan Sambal Roa:
  1. Bersihkan ikan roa, buang kulit dan tulangnya. Setelah bersih di blender hingga menjadi bubuk. Pastikan ikan roa menjadi bubuk semua.
  2. Haluskan cabe rawit dan cabe merah keriting (saya menggunakan blender)
  3. Iris bawang merah dan bawang putih
  4. Tomat potong kecil-kecil
  5. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga berwarna agak kecoklatan. Masukkan cabe rawit dan cabe merah keriting. Tambahkan tomat. Masak hingga tomat nya kering. Dan masukkan ikan roa yang sudah diblender. Setelah itu masukkan garam, gula dan ajinomoto.
  6. Sambal roa bisa dinikmati dengan nasi panas. Dan biasanya di Manado sambal roa dinikmati dengan pisang goreng dan tahu isi. Selamat mencoba.

Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved