Resep Sambal roa, Lezat Sekali

Aaron Riley   09/08/2020 03:08

Sambal roa
Sambal roa

Lagi mencari ide resep sambal roa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal roa yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal roa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal roa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal roa menggunakan 8 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal roa:
  1. Gunakan 3 ekor ikan roa
  2. Gunakan 100 gr cabe rawit
  3. Siapkan 75 gr bawang merah
  4. Gunakan 200 gr tomat
  5. Siapkan Minyak
  6. Siapkan Garam
  7. Siapkan Gula
  8. Ambil Penyedap rasa

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit. Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal roa:
  1. Bersihkan ikan buang kulit dan tulang'y
  2. Setelah ikan dibersihkan, lalu haluskan. Harus'y ikan digoreng sebentar tp aq lupa, hehehe….
  3. Haluskan cabe
  4. Iris bawang merah
  5. Iris tomat
  6. Goreng bawang merah sampai kuning
  7. Masukkan cabe, aduk rata
  8. Masukkan tomat, aduk rata
  9. Masukkan ikan roa yg sudah dihaluskan, aduk rata
  10. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa. Masak sampai matang
  11. Angkat dan siap dihidangkan

Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved