Resep Sambel Ikan Roa yang Sempurna

Roger Reeves   15/12/2020 22:59

Sambel Ikan Roa
Sambel Ikan Roa

Lagi mencari ide resep sambel ikan roa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel ikan roa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Great recipe for Sambal Ikan Roa. This is a Manado (East Indonesian) kind of food. Made from smoked ikan roa (ballyhoo) with sambal bawang (chilli with onion).

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel ikan roa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambel ikan roa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambel ikan roa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambel Ikan Roa memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambel Ikan Roa:
  1. Ambil 7-8 ekor ikan roa
  2. Gunakan 2 buah tomat
  3. Gunakan Segenggam cabe rawit
  4. Gunakan 2 buah cabe besar
  5. Gunakan secukupnya Terasi udang
  6. Ambil 5-6 siung bawang merah
  7. Siapkan 2 siung bawang putih
  8. Sediakan secukupnya Gula, garam
  9. Sediakan Minyak goreng

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Cara membuat Sambel Ikan Roa:
  1. Kupas ikan roa, kemudian goreng hingga matang.
  2. Rebus tomat, cabe rawit, cabe besar, bawang merah, bawang putih hingga layu.
  3. Uleg kasar ikan roa yang sudah digoreng, sisihkan ke pinggir. Berikutnya, uleg terasi beserta bahan sambal yang telah direbus, tambahkan garam secukupnya.
  4. Campur bahan sambal dengan ikan roa, kemudian tumis semuanya dengan minyak secukupnya. Tambahkan gula, koreksi rasa. Jika sudah matang angkat dan sajikan.

Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Sambal Ikan Roa ini sebenernya sudah ready to eat,tapi aku modifikasi lagi dan aku masak lagi sama bumbu bumbu lain jadinya enak banget.penasaran kan,langsung simak Vidionya ya. jangan lupa. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Resep sambal ini cukup pedas ya, jadi silahkan sesuaikan jumlah cabe rawitnya, boleh dicampur dengan cabe merah keriting ataupun cabe merah besar. Kalo ini saya buatnya ikan roa digoreng dulu sebentar, baru dihaluskan, ada juga yang ikannya langsung dihaluskan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambel ikan roa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved