Resep Dabu dabu sagela (Sambal Roa) Anti Gagal

Edna Wheeler   19/08/2020 21:29

Dabu dabu sagela (Sambal Roa)
Dabu dabu sagela (Sambal Roa)

Sedang mencari ide resep dabu dabu sagela (sambal roa) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal dabu dabu sagela (sambal roa) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Dabu dabu sagela atau sambel roa khas gorontalo. Biasanya di kampung kalau makan pisang goreng atau umbi"an rebus/goreng pasangannya pasti sagela atau roa, dan ini gak pernah ketinggalan meski aku jauh dr kampung halaman,,, Dr pada banyak cerita mending kita langsung bikin aja,,,. Olahan ikan roa dlm bentuk sambal.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari dabu dabu sagela (sambal roa), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan dabu dabu sagela (sambal roa) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah dabu dabu sagela (sambal roa) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Dabu dabu sagela (Sambal Roa) menggunakan 9 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Dabu dabu sagela (Sambal Roa):
  1. Sediakan 6 ekor roa dicacah halus
  2. Gunakan 5 bawang merah
  3. Sediakan 1 bawang putih
  4. Siapkan 5 kemiri
  5. Siapkan 17 cabe merah (sesuaikan dengan level pedas)
  6. Ambil 3 cabe merah
  7. Gunakan 1 sdt garam
  8. Sediakan 1/2 sdt gula
  9. Ambil Minyak untuk menggoreng

Sebut saja dabu-dabu lo sagela, sajian pedas berupa sambal yang diracik dengan kepala ikan. Sagela atau lebih dikenal dengan ikan roa, merupakan sejenis ikan laut terbang yang berasal dari Manado. Di Manado, masyarakat menyebutnya sambal ikan roa, sedangkan masyarakat Gorontalo sendiri menamainya dabu-dabu lo sagela. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa.

Cara membuat Dabu dabu sagela (Sambal Roa):
  1. Haluskan ikan roa lalu cacah semua bumbu. Tumis bumbu hingga harum
  2. Beri kecap secukupnya dan aduk. Lalu tuang sambal dan aduk hingga rata
  3. Tuang kepiring saji dan sajikan

Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Sambal dabu-dabu merupakan salah satu sambal khas Manado, Sulawesi Utara. Cita pedasnya yang khas membuat sambal ini banyak diminati.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Dabu dabu sagela (Sambal Roa) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved