Resep Soto bening Anti Gagal

Virgie Gomez   24/10/2020 11:08

Soto bening
Soto bening

Sedang mencari ide resep soto bening yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto bening yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto ayam bening kuning Kudus. foto: Instagram/@muda_estiningtyas. Soto bening merupakan salah satu yang digemari banyak orang dari berbagai wilayah karena rasanya yang ringan dan nggak bikin enek. Soto bening banyak ditemui di Solo, Jogja, dan Klaten.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto bening, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto bening enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto bening yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto bening menggunakan 20 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto bening:
  1. Sediakan 250 gram Ayam
  2. Sediakan Bumbuh halus
  3. Sediakan 5 siung Bawang putih
  4. Ambil 4 siung Bawang merah
  5. Sediakan 3 butir Kemiri
  6. Gunakan 1 sdt tumbar
  7. Gunakan 1/2 sdt merica
  8. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  9. Siapkan 1/2 ruas jari jahe
  10. Sediakan 1/2 ruas jari kencur
  11. Ambil Bumbu gongso
  12. Ambil 2 lembar daun jeruk
  13. Sediakan 1 lembar daun salam
  14. Siapkan 1 batang serai
  15. Siapkan 1 iris lengkuas
  16. Gunakan Lain2
  17. Siapkan Garam
  18. Gunakan Gula
  19. Gunakan Penyedap
  20. Sediakan Potongan daun bawang yg besar (pre)

Spesial, Seger Dan Enak Banget Klik di. Kumpulan resep soto ayam enak dan gurih, Soto kuah bening, kuning, atau yang bersantan. Soto Lamongan Jawa Timur sering di jadikan inspirasi (Lengkap). Resep soto ayam bening kuah kuning segar spesial nikmat untuk jualan.

Cara membuat Soto bening:
  1. Rebus ayam dengan air yg tidak terlalu banyak. Rebus sebentar lalu buang airnya dan ganti air baru. Lalu tambahkan air untuk kuah soto. Kurang lebih sebesar panci ukuran sedang
  2. Blender bumbu halus dg sedikit air. Masak dengan api sedang cenderung kecil hingga air menyusut di wajan. Setelah air surut, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Tambahkan 1 sdm garam. Tambahkan juga minyak secukupnya. Masak hingga bumbu matang. Tanda bumbu matang adalah minyak dan bumbu memisah dengan sendirinya. Namun agar lebih sedap, setelha bumbu dan minyak terpisah, masak sebentar lagi hingga bumbu warnanya agak sedikit kuning gelap
  3. Jika bumbu sudah matang, masukkan setengah dari bumbu ke rebusan kuah soto. Tambahkan juga irisan daun pre. Setengahnya lagi didinginkan dulu sebelum dimasukkan plastik dan dapat di bekukan untuk dimasak lagi. Karena dalam resep ini yg saya gunakan hanya untuk 250 gram ayam.
  4. Setelah ayam dalam rebusan empuk, angkat, tiriskan dan goreng. Bumbui kuah soto sesuai selera. Lalu sajikan dengan pelengkap lain seperti kol, daun bawang dan bawang goreng. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis di piring

Paling enak masakan soto ayam lamongan dan soto betawi tanpa kunyit. Inilah macam ragam resep bumbu soto ayam bening. Simak cara membuat soto ayam bening berikut! Soto ayam memiliki beberapa jenis seperti Lamongan, Santan atau Kuning. Nah untuk yang saat ini, kita akan membuat yang versi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto bening yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved