Resep Sambal Roa khas Sulawesi, Lezat Sekali

Jeremiah Williamson   02/09/2020 11:21

Sambal Roa khas Sulawesi
Sambal Roa khas Sulawesi

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal roa khas sulawesi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal roa khas sulawesi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal roa khas sulawesi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal roa khas sulawesi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Dan, dari sekian banyak sambal yang sudah dicoba Ade, salah satu favoritnya adalah sambal roa khas Sulawesi Utara. Yakni, sambal yang diolah dengan campuran ikan roa (Hemiramphus brasiliensis) yang diasap. ''Saya suka aroma smoky-nya,'' kata Ade. Sambal roa pun menjadi bukti bahwa sambal di Indonesia tak hanya beragam soal rasa dan bahan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal roa khas sulawesi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Roa khas Sulawesi memakai 11 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Roa khas Sulawesi:
  1. Ambil 250 gr ikan roa asap tumbuk
  2. Gunakan Kaldu jamur
  3. Ambil Gula (opsional, saya ga pakai)
  4. Sediakan Merica
  5. Siapkan Garam
  6. Gunakan Bumbu sambal
  7. Gunakan 8 biji Bawang merah
  8. Siapkan 6 biji Bawang putih
  9. Gunakan 50 biji Cabai kecil
  10. Ambil 5 biji Cabai merah besar
  11. Gunakan Sedikit jahe

Berkunjung ke Manado tampaknya kurang lengkap jika hanya menikmati pemandangan alamnya yang eksotis. Anda juga wajib mencicipi beragam kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara ini. Cakalang, dabu-dabu, ayam rica-rica hidangan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado. Namun, masih kurang lengkap jika tidak mencicipi sambal roa yang.

Langkah-langkah membuat Sambal Roa khas Sulawesi:
  1. Tumis bumbu sambalnya beri kaldu jamur, garam, merica sampai berubah warna merah gelap
  2. Lalu masukkan ikan roanya di aduk2 sampai rata.. dan biarkan meresap.. jadi deh..

Resep Sambal Roa Khas Sulawesi Utara - Sudah pernah disebutkan sebelumnya bahwa kuliner khas Manado, Sulawesi Utara sangat dominan denga seafoodnya. Banyak yang menyebut, daerah tersebut sebagai kota seafood karena kulinernya yang lezat dan menarik hati serta bercita rasa tinggi. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal roa khas sulawesi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved