Cara Gampang Menyiapkan Sambel Ikan Roa yang Lezat Sekali

Leo Warren   04/07/2020 12:34

Sambel Ikan Roa
Sambel Ikan Roa

Sedang mencari inspirasi resep sambel ikan roa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel ikan roa yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Great recipe for Sambal Ikan Roa. This is a Manado (East Indonesian) kind of food. Made from smoked ikan roa (ballyhoo) with sambal bawang (chilli with onion).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel ikan roa, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambel ikan roa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambel ikan roa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambel Ikan Roa memakai 7 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambel Ikan Roa:
  1. Gunakan 10 ekor ikan roa fufu atau asap, bersihkan
  2. Ambil 6 buah tomat
  3. Ambil 5 siung bawang merah, iris
  4. Gunakan 2 siung bawang putih, geprek dan iris
  5. Ambil segenggam cabe rawit
  6. Ambil secukupnya garam
  7. Siapkan secukupnya minyak goreng

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Cara membuat Sambel Ikan Roa:
  1. Ikan roa di tumbuk sampai halus. (Bisa juga dihaluskan memakai blander)
  2. Iris bawang merah, bawang putih, dan tomat. Lalu ulek cabe rawit dan secumput garam sampai halus
  3. Panaskan minyak goreng.Tumis bawang merah dan putih sampai harum dan matang. Lalu masukkan tomat dan cabe rawit sampai harum dan matang. Lalu masukkan ikan roa. Oseng sampai bumbu dan roa tercampur rata, jika kurang garam tambahkan. Tunggu sampai matang. Tiriskan
  4. Letakkan pada mangkok yang telah disediakan. Sambel ikan roa pun siap! Diicip pakai nasi panas makin sedaaap!
  5. Inilah penampakan dari ikan roa yang telah di fufu atau asap. Ikan roa di bersihkan dagingnya atau di cubit-cubit, pilah dagingnya dari tulang/duri dan kepala ikan roa. Kemudian mulai tahap pertama deh. (fotonya diambil waktu lagi pulkam ke Palu hihi)

Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Sambal Ikan Roa ini sebenernya sudah ready to eat,tapi aku modifikasi lagi dan aku masak lagi sama bumbu bumbu lain jadinya enak banget.penasaran kan,langsung simak Vidionya ya. jangan lupa. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Resep sambal ini cukup pedas ya, jadi silahkan sesuaikan jumlah cabe rawitnya, boleh dicampur dengan cabe merah keriting ataupun cabe merah besar. Kalo ini saya buatnya ikan roa digoreng dulu sebentar, baru dihaluskan, ada juga yang ikannya langsung dihaluskan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambel ikan roa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved