Bagaimana Membuat (bukan) sambal roa 😅 yang Enak Banget

Micheal Thomas   27/10/2020 12:46

(bukan) sambal roa 😅
(bukan) sambal roa 😅

Lagi mencari ide resep (bukan) sambal roa 😅 yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal (bukan) sambal roa 😅 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ini sambal idola yah pasti banyak yang tau rasanya. Makan sambal roa aja pakai nasi panas berasa makyos. Klo dimanado biasa sambal roa teman makan pisang goreng sama bubur manado.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari (bukan) sambal roa 😅, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan (bukan) sambal roa 😅 yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah (bukan) sambal roa 😅 yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat (bukan) sambal roa 😅 menggunakan 7 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan (bukan) sambal roa 😅:
  1. Siapkan 1 ekor ikan asap ukuran sedang
  2. Siapkan 5-7 butir bawang merah (tergantung ukuran)
  3. Gunakan 2 siung bawang putih (kecil)
  4. Siapkan 3 buah cabe merah
  5. Siapkan 9 buah cabe rawit (jumlahnya bisa ditambah atau dikurangi)
  6. Gunakan 1 buah tomat merah
  7. Siapkan secukupnya gula dan garam

Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Kebetulan ada ikan roa dirumah walopun cuma beberapa biji karena ini dpt malak dari mamake yg baru plg dr gorontalo.

Cara membuat (bukan) sambal roa 😅:
  1. Cuci ikan asap, buang kulit keringnya dan durinya, lalu suwir2 dagingnya
  2. Campur bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, gula dan garam, uleg hingga lembut (kalo sy, sy goreng bentar dulu bumbunya biar mudah diulegnya)
  3. Goreng sebentar ikan asap suwir dg sedikit minyak sampai sedikit kecokelatan, biar gurih
  4. Campurkan ikan yg sdh digoreng td ke dalam ulekan sambal
  5. Uleg ikan dg sambal sampai ikan lembut dan tercampur rata dg sambal
  6. Tumis campuran ikan dan sambal dg ditambah potongan tomat, masak sampai matang dan tomat layu

Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Deskripsi Sambal Ikan Roa Pedas Tanpa MSG Tanpa Pengawet Asli Manado. SAMBAL ROA BENAUT (bukan) Sambel Roa. Kami lebih senang menyebutnya Abon Balado Roa. Sambel Roa Benaut minyaknya sedikit, ikan roa-nya banyak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan (bukan) sambal roa 😅 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved