Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal goreng jengkol teri, Bisa Manjain Lidah

Nellie Greer   01/08/2020 13:13

Sambal goreng jengkol teri
Sambal goreng jengkol teri

Lagi mencari inspirasi resep sambal goreng jengkol teri yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng jengkol teri yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Teri Jengkol enak lainnya. Sambal jengkol ikan teri siap disajikan. Walaupun jengkol memiliki aroma bau yang menyengat, namun peminat kuliner jengkol gak pernah sepi, bahkan harga jengkol sering kali melambung tinggi karena banyaknya permintaan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng jengkol teri, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal goreng jengkol teri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal goreng jengkol teri yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal goreng jengkol teri memakai 23 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal goreng jengkol teri:
  1. Ambil Bahan utama👑:
  2. Sediakan 200 gr jengkol
  3. Ambil secukupnya Ikan teri
  4. Ambil Bumbu halus :
  5. Sediakan 2 siung bawang putih
  6. Gunakan 4 siung bawang merah
  7. Sediakan 2 bh cabe merah
  8. Sediakan 2 bh cabe rawit
  9. Ambil Bahan pelengkap :
  10. Ambil 1 bh lengkuas (digeprek)
  11. Sediakan 1 lbr daun salam
  12. Siapkan 2 bh cabe merah (iris serong)
  13. Sediakan 1 sdt air asam jawa
  14. Ambil 2 sdt irisan gula merah
  15. Gunakan 1 sdt gula pasir
  16. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  17. Siapkan secukupnya Garam
  18. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  19. Siapkan Bahan untuk jengkol empuk &tak bau :
  20. Ambil 3 lbr daun salam
  21. Ambil 4 lbr daun jeruk
  22. Ambil 1 btg sereh (digeprek)
  23. Ambil 1 sdt soda kue

Sambal goreng kentang teri medan kacang. Sambal Pete - Sambal Cumi - Sambal Teri - Sambal Jengkol. Karna udh sering masak rendang jengkol atau gulai jengkol akhirnya skarang bikin Jengkol dicampur teri Sambal Hijau. Di antara menu masakan lain, olahan jengkol memang paling sering nongki di meja makan.

Cara menyiapkan Sambal goreng jengkol teri:
  1. Rendam jengkol 1 malam agar kulit terkupas, lalu iris memanjang. Masukkan dalam wajan tambahkan daun salam,daun jeruk,sereh dan soda kue. Rebus kurleb 30menit atau sampai empuk
  2. Goreng ikan teri setengah matang. Angkat dan sisihkan
  3. Haluskan bumbu tambahkan 2 sdm minyak goreng, tumis hingga harum. Lalu tambahkan lengkuas,daun salam,air asam jawa,gula merah,gula pasir, garam dan penyedap rasa. Tumis hingga mengental
  4. Tambahkan ikan teri,jengkol dan irisan cabe merah. Aduk hingga rata dan matang. Setelah matang,angkat dan sajikan

Kata suami tidak semangat makan kalau Sambal Goreng Jengkol Teri. Jengkol Tua sudah direbus, Teri Goreng, Air, Gula, Garam, minyak goreng, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe Rawit Merah Arvina Harahap. Lihat juga resep Sambal teri medan enak lainnya. Apabila minyak goreng sudah panas, anda bisa memasukan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk merata hingga bumbu mengeluarkan aroma harum.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal goreng jengkol teri yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved