Resep Sambal Teri Jengkol Anti Gagal

Duane Gilbert   07/09/2020 00:30

Sambal Teri Jengkol
Sambal Teri Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal teri jengkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal teri jengkol yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sambal Jengkol Teri. jengkol, pp gr teri gundul, tomat uk kecil, cabe kriting merah, cabe rawit merah, bawang bombay uk kecil cincang, bawang putih cincang, bawang merah cincang Tiara Angelica. Walaupun jengkol memiliki aroma bau yang menyengat, namun peminat kuliner jengkol gak pernah sepi, bahkan harga jengkol sering kali melambung tinggi karena banyaknya permintaan. Selamat mencoba resep di atas pencinta jengkol!

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal teri jengkol, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal teri jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal teri jengkol yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Teri Jengkol menggunakan 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambal Teri Jengkol:
  1. Siapkan 150 gr Jengkol
  2. Sediakan 100 gr Ikan Teri
  3. Siapkan secukupnya Minyak Goreng
  4. Sediakan Bumbu halus :
  5. Sediakan 5 siung Bawang Merah
  6. Siapkan 3 siung Bawang Putih
  7. Siapkan 7 buah cabe merah keriting
  8. Ambil 7-10 buah cabe rawit setan
  9. Sediakan 1 buah tomat
  10. Ambil Bumbu lain :
  11. Gunakan 1 ruas lengkuas
  12. Siapkan Daun jeruk nipis
  13. Sediakan secukupnya Gula pasir

Kalau biasanya sambal goreng ini kombinasinya dengan kacang tanah yang di goreng lalu di oseng oseng bersama teri dan cabai serta bawang merah & bawang putih. Ini adalah perdana bikin masakan dari olahan jengkol, selama saya menikah 😁 ini krn pak suami request bikin sambel jengkol. Akhirnya setelah googling bgm cara mengolah jengkol akhirnya siap eksekusi. Ternyata hasilnya enak, walaupun sy ga makan jengkolnya, krn memang ga doyan 🤭..

Cara menyiapkan Sambal Teri Jengkol:
  1. Goreng Jengkol yg sudah di iris kecil-kecil tiriskan. Dilanjut goreng ikan teri sampai setengah kering. Kurangi minyak yg ada di dlm wajan lalu masukkan bumbu halus yg sudah di siapkan.
  2. Gongso bumbu halus dan ikan teri sampai mengeluarkan baik harum dilanjutkan memasukan bumbu lain seperti lengkuas, daun jeruk dan gula pasir setengah sendok teh. Tdk perlu di tambah garam krn sudah ada rasa asin dari ikan asin. Lalu masukkan jengkol aduk sampai berbau harum.
  3. Sambal Teri Jengkol Siap di sajikan 😊

Di antara menu masakan lain, olahan jengkol memang paling sering nongki di meja makan. Kata suami tidak semangat makan kalau Jengkol teri sambal tanak sederhana.. Sambel balado terong ungu + jengkol. Setelah sekian lama menghilang dr dunia perdapuran kini muncul kembali 😊, maklum. Resep dengan petunjuk video: Jadikan Hari Rayamu lebih meriah dengan olahan Jengkol satu ini yang dijadikan Sambal goreng Jengkol dengan renyahnya Ikan Teri!

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Teri Jengkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved