Cara Gampang Menyiapkan Soto Ayam Kudus, Sempurna

Susan Foster   03/09/2020 01:04

Soto Ayam Kudus
Soto Ayam Kudus

Sedang mencari ide resep soto ayam kudus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam kudus yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam kudus, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto ayam kudus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

This place serves soto kudus as their specialty. It was lunch time when we arrived by car in Kudus known as Kota Kretek which means The City of Kretek, from Semarang. Resep Soto Kudus Daging Ayam,Soto kudus adalah soto yang berasal dari Kudus.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto ayam kudus sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Ayam Kudus menggunakan 20 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Ayam Kudus:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung
  2. Siapkan 3 liter air
  3. Siapkan 2 bh serai
  4. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  5. Ambil 4 lembar daun salam
  6. Gunakan tauge (saya beli 3000 di warung)
  7. Ambil 2 daun bawang
  8. Gunakan bawang putih goreng
  9. Sediakan bawang merah goreng
  10. Sediakan 6 butir telur ayam
  11. Sediakan Secukupnya cabe rawit
  12. Siapkan Bumbu halus
  13. Gunakan 20 siung bawang merah
  14. Ambil 10 siung bawang putih
  15. Gunakan 8 butir kemiri sangrai
  16. Gunakan 1 sdt ketumbar
  17. Gunakan 2 sdt merica
  18. Sediakan 1/2 sdt jinten
  19. Sediakan 2 ruas kunyit
  20. Gunakan 2 ruas jahe

Soto ayam kudus merupakan resep masakan indonesia asli yang cukup terkenal. Banyak rumah makan yang menyediakan menu soto ayam dari kudus ini. Soto kudus (Hanacaraka:ꦱꦺꦴꦠꦺꦴ ꦏꦸꦢꦸꦱ꧀) adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto kudus, hampir mirip dengan soto Lamongan, soto kudus berisi suwiran ayam dan taoge.

Langkah-langkah membuat Soto Ayam Kudus:
  1. Rebus daging ayam dengan air dingin. Ini adalah kunci untuk membuat kaldu yang gurih. Kita rebus daging dengan air dingin sehingga pori-pori daging akan terbuka seiring kenaikan suhu air. Dengan begitu kaldu akan keluar dan larut dalam air. - - Kita cukup menyaring atau mengambil busa/kotoran yg mengambang saja (tdk sampai membuang air rebusan).
  2. Haluskan bumbu. Tumis dengan minyak panas, masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk.
  3. Sambil menunggu daging empuk, rebus cabe rawit dan telur ayam sebagai pelengkap. Kurang lebih selama 15 menit.
  4. Masukkan tauge ke dalam air panas, tiriskan. Iris tipis daun bawang dan jeruk nipis. Belah 2 telur ayam, ulek cabe rawit.
  5. Setelah daging empuk (kurang lebih 1 jam setengah, tergantung tingkat ketuaan ayam kampung), pisahkan dari kuah, suwir-suwir. (resep asli ayamnya digoreng dulu baru disuwir).
  6. Tata dalam mangkuk, nasi, tauge, daun bawang, ayam, telur, perasan jeruk nipis, daun bawang, bawang goreng dan kecap. Tuang kuah soto. Sajikan panas.
  7. Soto khas kudus siap dinikmati bersama kerupuk udang. Jangan lupa berbagi dengan tetangga atau sanak saudara.
  8. Rasanya mbokbyar apalagi ditambah sambalnya.

Terkadang soto kudus juga menggunakan daging kerbau. Selain suwiran daging ayam, semangkuk soto Kudus juga terisi dengan taoge dan telur rebus. Soto ini bisa dijadikan sebagai salah satu kreasi hidangan lezat untuk keluarga Anda di rumah. Mulai dari soto Kudus, Soto bandung, Soto Betawi, dll. Makanan jenis ini sangat populer di semua Disini akan dijelaskan cara membuat soto.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto ayam kudus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved