Resep Sambal Roa 🌶🌶🌶, Lezat Sekali

Jeremiah Francis   10/08/2020 07:48

Sambal Roa 🌶🌶🌶
Sambal Roa 🌶🌶🌶

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal roa 🌶🌶🌶 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal roa 🌶🌶🌶 yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa 🌶🌶🌶, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal roa 🌶🌶🌶 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal roa 🌶🌶🌶 yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Roa 🌶🌶🌶 menggunakan 9 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal Roa 🌶🌶🌶:
  1. Sediakan 3 potong ikan roa asap
  2. Ambil Bumbu halus :
  3. Gunakan 1/2 ons cabe rawit (kurleb tadi aku pakai 30an cabe)
  4. Siapkan 6 buah cabe merah kriting
  5. Sediakan 15 butir bawang merah
  6. Sediakan 1 buah tomat merah
  7. Ambil 1/2 sdm garam
  8. Ambil 2 sdm gula pasir
  9. Sediakan Penyedap rasa

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit.

Cara menyiapkan Sambal Roa 🌶🌶🌶:
  1. Iris bawang merah, potong tomat, lalu blend sebentar kumpulan cabe.
  2. Bersihkan kepala, ekor, tulang & kulit ikan. Goreng sebentar, lalu tumbuk sampai halus
  3. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, lalu masukkan cabe yg sudah di blender, aduk2, lalu masukkan potongan tomat, aduk lg, sampai tidak terlihat minyak/air, terakhir masukkan ikan roa, garam, gula pasir n penyedap rasa, aduk rata n icip rasa.

Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia. Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari Sulawesi Utara. Dibuat dari ikan roa asap yang ditumbuk dan dipadukan dengan bahan-bahan sambal.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal roa 🌶🌶🌶 yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved