Resep Bakso Daging ala Abang Bakso, Sempurna

Eva Daniel   02/08/2020 11:19

Bakso Daging ala Abang Bakso
Bakso Daging ala Abang Bakso

Sedang mencari inspirasi resep bakso daging ala abang bakso yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso daging ala abang bakso yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakso daging ala abang bakso, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bakso daging ala abang bakso enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakso daging ala abang bakso yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bakso Daging ala Abang Bakso menggunakan 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bakso Daging ala Abang Bakso:
  1. Gunakan 500 gr daging sapi segar (tanpa lemak/urat)
  2. Siapkan 2 putih telur
  3. Ambil 5 sdm tepung tapioka
  4. Gunakan 1 sdm garam
  5. Siapkan 1 sdm gula pasir
  6. Ambil 1 sdt lada bubuk
  7. Ambil 1 sdm bawang putih goreng
  8. Gunakan 1 sdt baking powder
  9. Sediakan 1 sdm bawang merah goreng sdm kaldu ayam bubuk (optional)
  10. Sediakan 1 gelas es batu (ukuran 200 ml)
  11. Siapkan Bahan Kuah
  12. Gunakan 4 siung bawang putih, cincang
  13. Ambil 2 batang daun bawang
  14. Sediakan secukupnya Garam
  15. Sediakan Lada bubuk seckupnya
  16. Sediakan Kaldu bubuk secukupnya (optional)
  17. Gunakan secukupnya Air
Cara membuat Bakso Daging ala Abang Bakso:
  1. Giling daging bersama es batu dengan alat penggiling. Lalu campur semua bumbu ke dalam daging dan masukkan ke FoodProcessor sampai halus.
  2. Genggam adonan dengan tangan kiri, sendok satu per satu ke dalam air panas (air yang sudah mendidih dan kompor dimatikan), tandanya matang adalah apabila bakso sudah mengapung.
  3. Angkat bakso lalu tiriskan hingga kering dan dingin (jika ingin di-packing/simpan)
  4. Untuk kuahnya,Tumis bawang putih cincang dan daun bawang hingga bawang putih kecoklatan, lalu tambahkan air, masak kuah hingga mendidih. Tambahkan garam, lada dan kaldu bubuk.
  5. Terakhir masukkan bakso, rebus hingga bakso mengapung dan matang. - Sajikan bakso panas lengkap dengan sambalnya. Nah biasanya kalau saya pake air kaldu dating sapi biar rasa lebih gurih.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bakso daging ala abang bakso yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved