Resep Sambal balado jengkol teri Anti Gagal

Sam Lowe   06/09/2020 09:24

Sambal balado jengkol teri
Sambal balado jengkol teri

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal balado jengkol teri yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal balado jengkol teri yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal balado jengkol teri, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal balado jengkol teri enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Ini merupakan masakan rumahan yang pembuatannya sangat mudah dan bisa di masak oleh teman-teman semua di rumah ya. Lihat juga resep Sambalado jengkol padang enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal balado jengkol teri yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal balado jengkol teri menggunakan 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal balado jengkol teri:
  1. Sediakan 500 gr jengkol tua
  2. Siapkan 100 gr teri medan
  3. Gunakan 2 siung bawang putih
  4. Sediakan 15 siung bawang merah
  5. Ambil 150 gr cabe merah krtg
  6. Siapkan 3 helai daun jeruk
  7. Siapkan 1 batang sereh
  8. Ambil 1 helai daun kunyit
  9. Siapkan Garam, penyedap, gula merah sedikittt

Walaupun jengkol memiliki aroma bau yang menyengat, namun peminat kuliner jengkol gak pernah sepi, bahkan harga jengkol sering kali melambung tinggi karena banyaknya permintaan. Lihat juga resep Sambal Jengkol enak lainnya. Bumbu balado merupakan bumbu yang sering digunakan pada berbagai jenis masakan. Bisa dibilang, bumbu balado merupakan salah satu bumbu dapur utama.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal balado jengkol teri:
  1. Rendam jengkol 1 hari 1 malam, ganti2 airnya. Rebus jengkol, ganti2 airnya, terakhir rebus dg air kapur sirih sampai empuk. Cuci bersih.
  2. Cuci teri medan, goreng agak kering. Sisihkan
  3. Kukus cabe, bawang utuh sampai agak lunak. Uleg semua sampai agak halus. Goreng di minyak agak banyak. + sereh + daun jeruk. Masukkan air, jengkol sambil diicipi rasa dan keempukan jengkolnya. + garam, masako, Gula merah. Terakhir masukkan teri medan. Aduk2 sampai keluar minyaknya. Mantappp.

Tidak heran, bumbu balado dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Beberapa contoh makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado adalah telur, ayam, dan ikan. Pada resep kali ini, akan dibahas mengenai jengkol bumbu balado. Resep jengkol semur jengkol balado padang resep jengkol balado teri cara memasak jengkol goreng resep balado jengkol cabe hijau cara membuat jengkol balado khas sunda Kopi berfungsi mengurangi bau menyengat dari jengkol. Kupas kulit dan jika perlu untuk membuatnya lebih lembut.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal balado jengkol teri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved