Bagaimana Menyiapkan Sambal Roa, Lezat Sekali

Mayme Burke   17/12/2020 19:35

Sambal Roa
Sambal Roa

Sedang mencari ide resep sambal roa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal roa yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambal roa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal roa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sambal Roa memakai 9 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal Roa:
  1. Siapkan 100 gr daging ikan roa
  2. Siapkan 100 gr cabe rawait merah
  3. Ambil 10 siung bawang merah
  4. Sediakan 8 siung bawang putih
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas iris kasar
  6. Ambil 1 ruas jahe iris kasar
  7. Sediakan 1 sdt garam
  8. Gunakan 1/2 sdt penyedap
  9. Sediakan 200 ml minyak sayur

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit. Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Roa:
  1. Giling kasar daging ikan roa sisihkan
  2. Panaskan minyak sayur tumis lengkuas & jahe hingga harum
  3. Masukkan bawang merah & bawang putih yang sudah dicincang kasar lalu tumis hingga harum
  4. Masukkan cabe yang sudah digiling kasar tumis agak lama biarkan matang
  5. Masukkan daging ikan roa aduk hingga matang biarkan bumbu meresap
  6. Angkat lalu simpan dalam tempat kedap udara
  7. Sajikan bila perlu

Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved