Resep TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol) Anti Gagal

Ricky Barton   09/08/2020 14:35

TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol)
TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol)

Sedang mencari ide resep ttj sambal ijo (teri,terong,jengkol) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ttj sambal ijo (teri,terong,jengkol) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal jengkol teri enak lainnya. JENGKOL GEPREK SAMBAL IJO IKAN TERI Samba Lado Hijau Jariang Batokok Khas Sumatra Barat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ttj sambal ijo (teri,terong,jengkol), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ttj sambal ijo (teri,terong,jengkol) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ttj sambal ijo (teri,terong,jengkol) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol) menggunakan 9 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol):
  1. Ambil 1 buah terong ungu uk sedang
  2. Ambil 5 buah jengkol
  3. Ambil 1/2 ons teri
  4. Sediakan 15 buah cabe ijo besar
  5. Ambil 3 buah tomat ijo
  6. Gunakan 20 buah cabe rawit ijo
  7. Ambil 4 siung bawang merah
  8. Gunakan 3 siung bawang putih
  9. Sediakan secukupnya Garam,sasa,gula

Apalagi bisa variasi dengan bahan lain seperti ikan teri, terong, dan sebagainya. Sambal ala Indonesia ini sangat banyak sekali macam dan jenisnya, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal bawang & tentunya masih banyak lagi sambal unik lainnya. Yuk lihat satu per satu resepnya ya. Masalah aneka kreasi sambal padang cabe hijau ini tergantung orang, beda orang yang masa beda pula campurannya, pernah kan lihat sambel ijo ini dicampur ikan teri jengki, teri medan, teri palembang, udang, malah ada beberapa restoran padang mencampur sambalnya dengan petai atau pete dan potongan jengkol atau jariang/jering sehingga lebih istimewa dan mempengaruhi rasa menjadi lebih mantap dan.

Langkah-langkah menyiapkan TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol):
  1. Iris terong bentuk dadu, jengkol iris tipis2 (sudah direndam 6 jam) lalu cuci dan digoreng masing2..untuk terinya rendam pakai air panas lalu cuci bersih supaya tidak terlalu asin lalu goreng & pisahkan
  2. Goreng semua bumbu,cabe,tomat,bawang merah,bawang putih,setengah matang saja..lalu diulek kasar saja,bila mau sampai halus jg bisa,sesua selera ya
  3. Tumis ulekan bumbu /cabe tadi hingga berubah warna,lalu masukan terong,jengkol kedalam tumisan sambal tadi..
  4. Tambahkan sasa,garam,gula,cek rasa. Bila sudah benar2 matang matikan kompor lalu tunggu agak dingin baru campurkan teri ke sambalnya..(teri dicampurkan setelah api mati agar tetap kriuk ya moms..)
  5. Selamat mencoba 😘

Ada resep masakan jengkol pedas balado, resep masakan jengkol pedas sambal ijo, resep masakan jengkol pedas sambal matah dan lain sebagainya. Beberapa sajian jengkol ini bisa anda buat di rumah dengan mudah, sebab tidak menggunakan banyak bahan, serta bahan dan bumbu yang dibutuhkannya pun mudah ditemukan. Resep Terong Balado - Menu makanan terong balado merupakan salah satu primadona masakan yang berasal dari suku minangkabau, Sumatra Barat. Cita rasanya pedas seperti pada masakan minangkabau pada umumnya, namun lezat sehingga bisa disantap walau hanya ditemani dengan. meTube.id - Tutorial Makan Jengkol Balado Hijau. Doyan makan sambal jengkol sambal jengkol cabe ijo sambal jengkol teri sambal jengkol enak sambal jengkol cabe hijau sambal jengkol teri medan sambal jengkol iris sambal jengkol kemasan sambal.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan TTJ sambal ijo (Teri,Terong,Jengkol) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved