Cara Gampang Membuat Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut yang Bisa Manjain Lidah

Chad Rios   02/08/2020 07:30

Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut
Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut

Anda sedang mencari inspirasi resep bolu karamel kukus mumpluk dan lembut yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu karamel kukus mumpluk dan lembut yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Panaskan setengah bagian gula pasir menggunakan api kecil hingga meleleh dan berwarna kecoklatan, lalu. Bisa ya.nah bolu sakura inilah bolu karamel yg versi kukus. Jadi bkn lupa ngasih telur tp mmg eggless ya bund☺.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu karamel kukus mumpluk dan lembut, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bolu karamel kukus mumpluk dan lembut enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bolu karamel kukus mumpluk dan lembut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut memakai 17 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut:
  1. Gunakan Bahan karamel:
  2. Sediakan 170 gr gula pasir
  3. Ambil 450 ml susu cair/ 2 sachet skm dicairkan dengan air panas
  4. Sediakan (bisa menggunakan air panas biasa, atau santan ya)
  5. Sediakan Bahan adonan:
  6. Ambil 4 buah telur
  7. Ambil 230 gula pasir sisa membuat karamel
  8. Gunakan 1 sdt vanili
  9. Ambil 1 sdt ovalet
  10. Siapkan 480 gr tepung terigu
  11. Sediakan 10 gr tepung maizena
  12. Ambil 10 gr susu bubuk
  13. Sediakan 1 sdt baking powder
  14. Ambil 1 sdt soda kue
  15. Ambil Sejumput kecil garam
  16. Gunakan 100 gr mentega/margarin, dicairkan
  17. Gunakan Secukupnya lagi mentega/margarin, utk mengoles cetakan kue

Resepnya simpel sederhana, cepat dan tidak perlu di mixer. Resep cara membuat bolu karamel, mudah dan simpel. Namun sebaiknya kamu tidak buat terlalu banyak ya. Karena merupakan kue basah, daya tahannya sebentar hanya selama dua hari saja.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu karamel kukus mumpluk dan lembut:
  1. Sangrai gula pasir dalam wajan anti lengket, dengan api kecil dan ditutup. Biarkan mencair. Ketika suda mulai mencair semua, panaskan air hingga mendidih, lalu tuang kedalam gelas dan campur dengan 2 sachet skm putih hingga sebanyak 450 ml.
  2. Lalu langsung masukkan kedalam gula pasir yg mencair, dan biarkan hingga sedikit mendidih dan gula tercampur semua. Kemudian jika gula telah mencair sempurna dan rata, matikan api, dinginkan.
  3. Panaskan dandang untuk mengukus kue menggunakan api sedang ya, jangan lupa tutupnya diberi kain agar uap air tidak menetes.
  4. Selanjutnya masukkan telur, vanili, ovalet, baking powder dan gula pasir, lalu mixer hingga mengembang kental putih berjejak. Kemudian masukkan karamel cair berselang-seling dengan tepung²an yg suda diayak, mixer dengan kecepatan paling rendah hingga rata.
  5. Kemudian masukkan mentega/margarin yg suda dicairkan td, aduk rata dengan spatula dengan cara aduk lipat, pelan² saja mengaduknya, aduk hingga rata dan tidak ada mentega/margarin yg mengendap dibawah.
  6. Masukkan adonan kedalam cetakan yg telah dioles tipis mentega, masukkan adonan nya jangan terlalu penuh ya, karena bolu nya nnti mengembang, lalu kukus selama 15 menit dengan api agak kecil. Apabila suda matang, angkat kemudian dinginkan.
  7. Bolu karamel kukus siap disajikan, jgn lupa disimpan di wadah yg memiliki tutup agar lebih awet lembutnya. Selamat mencoba yaak^^

Ada bolu kukus sederhana, bolu kukus yang berbentuk bundar saja. Ada pula bolu kukus mekar yang bentuknya mirip Apapun variasinya, bolu kukus lezat, lembut, dan manis di mulut deh. Bolu kukus yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menarik lho! Yuk simak resep bolu kukus pelangi lembut dan lezat berikut ini. Sebenarnya cara membuat bolu kukus pelangi hampir sama dengan membuat kue bolu kukus pada umumnya, tetapi Anda harus memperhatikan pada bagian.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu karamel kukus mumpluk dan lembut yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved