Resep Sambel Ikan Roa yang Enak Banget

Derek Hoffman   16/12/2020 08:27

Sambel Ikan Roa
Sambel Ikan Roa

Sedang mencari inspirasi resep sambel ikan roa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel ikan roa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel ikan roa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambel ikan roa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Great recipe for Sambal Ikan Roa. This is a Manado (East Indonesian) kind of food. Made from smoked ikan roa (ballyhoo) with sambal bawang (chilli with onion).

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambel ikan roa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambel Ikan Roa menggunakan 7 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambel Ikan Roa:
  1. Gunakan 5-6 ekor ikan roa
  2. Ambil 10 siung bawang merah (iris)
  3. Siapkan Bahan halus :
  4. Gunakan 1 siung bawang putih
  5. Gunakan 1 buah tomat
  6. Gunakan 20 cabe merah keriting
  7. Ambil 8-10 cabe rawit orens

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Cara menyiapkan Sambel Ikan Roa:
  1. Goreng sebentar saja ikan roa jgn terlalu lama.. Lalu angkat dan tiriskan lalu di blender kasar. Sisihkan
  2. Goreng cabe,bawang putih,tomat. Hingga layu lalu blender. sisihkan
  3. Iris bawang merah, lalu goreng hingga 1/2 matang.. & masukan bahan halus yg telah di blender td. aduk trus hingga matang + garam+royco+gula+(biar ga cepat rusak sambelnya di masak cabenya smpe bnr2 masak) test rasa
  4. Bila rasa sdh pas, masukan ikan roa yg telah di haluskan,, aduk rata.. Dan sajikan dgn nasi hangat ataupun lauk yg tersedia.. (kl aku cukup sambel roa + nasi)) 😂 😅

Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Sambal Ikan Roa ini sebenernya sudah ready to eat,tapi aku modifikasi lagi dan aku masak lagi sama bumbu bumbu lain jadinya enak banget.penasaran kan,langsung simak Vidionya ya. jangan lupa. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Resep sambal ini cukup pedas ya, jadi silahkan sesuaikan jumlah cabe rawitnya, boleh dicampur dengan cabe merah keriting ataupun cabe merah besar. Kalo ini saya buatnya ikan roa digoreng dulu sebentar, baru dihaluskan, ada juga yang ikannya langsung dihaluskan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambel Ikan Roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved