Langkah Mudah untuk Membuat Sambal Ikan Roa Anti Gagal

David Jacobs   25/06/2020 15:28

Sambal Ikan Roa
Sambal Ikan Roa

Anda sedang mencari ide resep sambal ikan roa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ikan roa yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal ikan roa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal ikan roa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari Sulawesi Utara. Dibuat dari ikan roa asap yang ditumbuk dan dipadukan dengan bahan-bahan sambal. Pedasnya sambal dan rasa unik dari ikan roa asap, menjadi perpaduan yang sangat enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal ikan roa sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambal Ikan Roa memakai 9 jenis bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Ikan Roa:
  1. Sediakan 5 buah Ikan roa / ikan julung2 (bisa diganti ikan lain seperti kembung/ikan tude)
  2. Siapkan 10 buah cabe merah
  3. Gunakan 10 buah cabe rawit (boleh dikurangi/ ditambah)
  4. Gunakan 5 siung bawang merah
  5. Ambil 3 siung bawang putih
  6. Sediakan 1 buah tomat
  7. Ambil 1 sdm gula pasir
  8. Sediakan 1 sdt garam (secukupnya)
  9. Ambil secukupnya Lada

Homemade Sambal Ikan Roa Khas Manado Dapat disajikan dgn berbagai mcm masakan nusantara Pedas nya pas, nikmat, bikin ketagihan Segera. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Ikan Roa:
  1. Hancurkan ikan roa asap dengan cara ditumbuk/ jika menggunakan ikan kembung atau tude goreng kembung lalu suir dan blender. Haluskan cabe bawang serta tomat. Panaskan minyak lalu tumis cabe bawang hingga harum, masukkan ikan roa lalu aduk rata, tambahkan gula dan garam, masak sampai sambal mengental, test rasa. Sajikan sambal roa.

Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia. Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Sambal Ikan Roa Khas Manado - Indonesia memang terkenal karena mempunyai banyak kuliner khas yang sanga beragam.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal ikan roa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved