Resep Sambal Jengkol Teri, Bisa Manjain Lidah

Jerome Patrick   27/10/2020 10:35

Sambal Jengkol Teri
Sambal Jengkol Teri

Lagi mencari ide resep sambal jengkol teri yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal jengkol teri yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal jengkol ikan teri siap disajikan. Walaupun jengkol memiliki aroma bau yang menyengat, namun peminat kuliner jengkol gak pernah sepi, bahkan harga jengkol sering kali melambung tinggi karena banyaknya permintaan. Selamat mencoba resep di atas pencinta jengkol!

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal jengkol teri, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal jengkol teri yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sambal jengkol teri sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sambal Jengkol Teri menggunakan 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Jengkol Teri:
  1. Siapkan 100 gr Ikan Teri
  2. Sediakan 150 gr Jengkol
  3. Sediakan 15 cabe merah kriting
  4. Siapkan 6 cabe rawit merah
  5. Ambil 1 buah tomat
  6. Siapkan 4 siung bawah merah
  7. Sediakan 2 siung bawang putih
  8. Ambil Minyak Goreng, Garam (option), Kaldu Jamur (totole)/ Royco Ayam

Koreksi rasa menjelang diangkat masukkan teri goreng, aduk-aduk dan selesai. Bagaimana Cara Membuat Sambal Goreng Teri Campur Jengkol Yang Paling Enak? - Sepertinya boleh juga tuh, sambal goreng jengkol. Kalau biasanya sambal goreng ini kombinasinya dengan kacang tanah yang di goreng lalu di oseng oseng bersama teri dan cabai serta bawang merah & bawang putih. Di antara menu masakan lain, olahan jengkol memang paling sering nongki di meja makan.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Jengkol Teri:
  1. Rebus jengkol terlebih dahulu, setelah matang siram pakai air dr keran, lalu potong 2 sebelum nanti mau di goreng.
  2. Panaskan minyak, goreng ikan teri hingga matang (sebelum di goreng teri di cuci pakai air keran dlu yahh), angkat dan sisihkan, lalu kemudian goreng jengkol yang telah direbus tadi dan sudah di potong 2 yah.
  3. Cabe, bawang dan tomat dicuci terlebih dahulu. kemudian haluskan (bisa pakai blender atau chopper ya), lalu panaskan minyak, tumis sambal sampai matang + masukkan kaldu jamur(totole)/ royco ayam secukupnya. oiyah untuk garam saya tidak pakai garam lg, karna nanti dr ikan terinya sudah asin dan td cuma dicuci air biasa, beda dgn pencucian pakai air panas garam2 dr ikan terinya bisa hilang, jd mesti pakai garam klo pencucian ikan teri menggunakan rendaman air panas, sesuai selera kakak2 saja yah.
  4. Terakhir, masukkan ikan teri dan jengkol ke dalam sambal, aduk hingga tercampur rata, ter rasa jgn lupa yah kakak2 😊 dan sajikan😇 Dijamin Makan Ini Nambah Terosss🤤Apalagi Jengkolnyaaa enak abisss😁

Resep dan cara membuat teri jengkol balado. Masakan ini sederhana dan bahan nya mudah di cari di pasar tradisional sehingga cocok sebagai makanan sehari - hari. Kombinasi ikan teri dan irisan jengkol sangat pas di masak dengan sambal balado. Rasa masakan ini asin, pedas dan gurih. Sambal jengkol or jering It is sambal terasi mixed with fried minced Indonesian jengkol known in Malaysia as jering.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Jengkol Teri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved