Bagaimana Menyiapkan Sambal Roa Anti Gagal

Lucas Pearson   01/08/2020 11:36

Sambal Roa
Sambal Roa

Lagi mencari ide resep sambal roa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal roa yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal roa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal roa yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Roa menggunakan 6 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambal Roa:
  1. Sediakan 6-10 ikan roa asap
  2. Gunakan 20 bawang merah
  3. Sediakan 3 bawang putih
  4. Siapkan 2 sdm kaldu jamur
  5. Ambil 10-15 sdm minyak sayur
  6. Siapkan 1/4 cabe merah keriting+ rawit merah (saya lebih banyak merah keriting)

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit. Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia.

Langkah-langkah membuat Sambal Roa:
  1. Bersihkan cabai dan bawang. Blender kasar. Pisahkan ikan roa dgn tulangnya blender kasar.
  2. Masukan semua bahan, aduk2 (saya terlalu halus nge-blendnya) bagusnya tdk terlalu harus. Masukan garam, kaldu jamur, dan daun jeruk. Koreksi rasa dan sajikan.

Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal roa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved