Bagaimana Menyiapkan Sambal Roa khas Manado Anti Gagal

Bess Webster   08/08/2020 18:52

Sambal Roa khas Manado
Sambal Roa khas Manado

Lagi mencari ide resep sambal roa khas manado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal roa khas manado yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa khas manado, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal roa khas manado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal roa khas manado yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Roa khas Manado memakai 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal Roa khas Manado:
  1. Ambil 10 ekor ikan roa asap
  2. Sediakan 10 buah cabe merah besar
  3. Sediakan 4 buah cabe merah rawit
  4. Gunakan 10 siung bawang merah
  5. Gunakan 6 siung bawang putih
  6. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  7. Siapkan 1 tangkai serai
  8. Siapkan secukupnya garam lada
  9. Ambil secukupnya air
  10. Sediakan secukupnya minyak sayur

Kuliner tersebut tersebar di beberapa daerah di nusantara, salah satunya adalah sambal ikan roa yang berasal dari Manado. Bagi Anda yang sedang mengunjungi kota Manado, maka Anda pun bisa menikmati kuliner khas satu ini. Berkunjung ke Manado tampaknya kurang lengkap jika hanya menikmati pemandangan alamnya yang eksotis. Anda juga wajib mencicipi beragam kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara ini.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Roa khas Manado:
  1. Kupas ikan roa . Ambil dagingnya saja trus di blender hingga halus
  2. Bumbu2 dihaluskan antara lain bawang merah,bawang putih,cabe.
  3. Tuangkan minyak. Tumis serai dan daun jeruk hingga harum. Tuangkan bumbu halusnya.
  4. Terakhir masukkan ikan yang sudah di blender tumis bersama. Tambahkan air. Garam. Lada secukupnya.

Cakalang, dabu-dabu, ayam rica-rica hidangan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado. Namun, masih kurang lengkap jika tidak mencicipi sambal roa yang. Resep Sambal Roa Asli Manado Pedas Mantap. Sambal khas Manado ini sangat cocok disantap bersama pisang goreng, singkong goreng, dan bubur Manado alias Tinutuan. Resep sambal ini cukup pedas ya, jadi silahkan sesuaikan jumlah cabe rawitnya, boleh dicampur dengan cabe merah keriting ataupun cabe.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Roa khas Manado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved