Resep Sambal Ikan Roa Manado, Enak Banget

Franklin Lambert   08/08/2020 16:57

Sambal Ikan Roa Manado
Sambal Ikan Roa Manado

Anda sedang mencari ide resep sambal ikan roa manado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal ikan roa manado yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ikan roa manado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal ikan roa manado yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sambal ikan roa khas manado enak lainnya. KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal ikan roa manado yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Ikan Roa Manado menggunakan 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal Ikan Roa Manado:
  1. Ambil 10-15 ikan roa (sesuai selera) kalau aku di blender tanpa kepala dan duri
  2. Siapkan Bahan halus :
  3. Siapkan 100 gram Cabe rawit merah (sesuai selera)
  4. Sediakan 100 gram Cabe keriting merah (sesuai selera)
  5. Gunakan 5 butir bawang putih
  6. Gunakan 5 butir bawang merah
  7. Sediakan garam (secukupnya)
  8. Gunakan Penyedap rasa (secukupnya)
  9. Gunakan 1 sendok gula pasir
  10. Gunakan 2 lembar daun salam
  11. Gunakan 2 buah tomat
  12. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  13. Gunakan 1 batang serai diikat
  14. Ambil secukupnya air
  15. Gunakan minyak goreng (secukupnya)

Bagi Anda yang sedang mengunjungi kota Manado, maka Anda pun bisa menikmati kuliner khas satu ini. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan. Berikutnya, masak daging ikan roa yang sudah dihaluskan di atas dalam wajan tanpa minyak sampai mengeluarkan aroma harum.

Cara membuat Sambal Ikan Roa Manado:
  1. Ikan roa dibuang kepala dan durinya,setelah itu diblender halus
  2. Semua bumbu halus diblender (Cabe merah,cabe keriting,bawang putih,bawang merah serta tomat)
  3. Tumis semua bumbu halus diwajan yang sudah terisi minyak goreng,tunggu hingga wangi.Lalu masukkan daun jeruk,daun salam,batang serai.
  4. Masukkan ikan roa halus,tambahkan juga garam,penyedap rasa,gula pasir.Cek rasa ya Bun..Tambahkan air,lalu aduk rata sampai agak kering.
  5. Selamat mencoba…..
  6. Setelah matang,angkat,lalu tiriskan..Sambal Ikan Roa siap disantap dengan Nasi panas atau makan dengan pisang goreng.

Cara Membuat Sambal Roa (Manado) Buang kulit dan tulang ikan roa panggang, suwir-suwir lalu haluskan. Sangrai daging ikan roa hingga harum, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan roa , aduk rata. Hidangkan sambal ikan roa dengan bubur Manado atau tinutuan. * Sambal roa (Manado . Sambal roa adalah sambal khas dari Manado yang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan memiliki banyak penggemar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal ikan roa manado yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved