Resep bolu suri, Bisa Manjain Lidah

Aiden Moreno   21/08/2020 03:51

bolu suri
bolu suri

Sedang mencari ide resep bolu suri yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu suri yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Suri dalam bahasa palembang artinya sisir. Disebut bolu suri karena kalau dipotong maka akan terlihat serat seperti sisir. Tekstur dan rasanya mirip bingka ambon, hanya saja bolu suri ini tidak menggunakan daun jeruk, serai, kunyit, dan santan dalam pembuatannya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu suri, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bolu suri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bolu suri sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan bolu suri menggunakan 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan bolu suri:
  1. Sediakan 125 gr terigu (ayak terlebih dahulu)
  2. Ambil 1/2 sdm ragi instan
  3. Sediakan 125 ml air hangat
  4. Gunakan 5 butir telur
  5. Sediakan 200 gr gula pasir
  6. Siapkan 100 gr margarin yg sudah di cairkan
  7. Gunakan 65 ml santan instan atau santan biasa segar
  8. Ambil 1 bungkus vanili
  9. Gunakan 1 bungkus skm sashet putih
  10. Siapkan 2-4 tetes pewarna kuning

Bolu Suri Palembang Pada Video ini kita akan belajar membuat Bolu Suri palembang. Penampilannya agak mirip Bika Ambon tapi bahan utama tepungnya hanya memakai terigu beda dengan Bika Ambon yg. Suri dalam bahasa Palembang berarti sisir.karena tekstur kue ini jika dibelah seperti bentuk sisir. Secara umum kue ini mirip dengan bika ambon.tapi kue suri tidak beraroma daun jeruk dan serai.tidak diberi bubuk kunyit/pewarna.tepung yg digunakan hanya.

Langkah-langkah membuat bolu suri:
  1. larutkan air+ragi .. campur dg tepung terigu aduk rata lalu diamkan selama 1 jam dan tutup dg kain atw serbet bersih.
  2. setelah bahan biang yg di diamkan tadi mengembang,masukkan gula dan telur.. mixer dg kecepatan rendah hingga gula larut dan tidak sampai mengembang
  3. kemudian masukkan margarin cair+santan+vanili+SKM+pewarna kuning .. aduk hingga rata
  4. siapkan loyang yang sudah di olesi mentega dan taburkan tepung terigu
  5. tuangkan semua adonan kedalam loyang.. dan kembali diamkan adonan selama 1 jam .. tutup kembali dengan kain bersih atau serbet
  6. setelah itu panggang selama lebih kurang 1 jam.. atw bisa dg menusukkan tusukuan gigi ke kue.. jika sudah tidak ada yg menempel itu bearti sudah matang
  7. note:semua saat bahan di campur memang cair.. dan saat pemanggangan akan keluar minyak .. tapi itu tidak apa2.. nnti akan hilang sendiri.. saya memanggangnya dengan api kecil dan menggunakan bakin pan dan memanggangnya 1 jam lebih. jika menggunakan oven gunakan suhu 150 drjt dg waktu 40 menit .. setelah matang diamkan dulu beberapa menit.. baru keluarkan dari loyang.

Campur tepung terigu, ragi instan, an air. Masukkan campuran telur, gula pasir, dan mentega. Suri dalam bahasa palembang artinya sisir. Disebut bolu suri karena kalau dipotong maka akan terlihat serat seperti sisir. Tekstur dan rasanya mirip bingka ambon, hanya saja bolu suri ini tidak menggunakan daun jeruk, serai, kunyit, dan santan dalam pembuatannya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan bolu suri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved