Cara Gampang Membuat Sambal ikan roa khas manado, Sempurna

Theresa Fleming   30/09/2020 19:03

Sambal ikan roa khas manado
Sambal ikan roa khas manado

Sedang mencari ide resep sambal ikan roa khas manado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal ikan roa khas manado yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ikan roa khas manado, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal ikan roa khas manado enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal ikan roa khas manado yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal ikan roa khas manado menggunakan 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal ikan roa khas manado:
  1. Gunakan 15 buah bawang merah
  2. Gunakan 20 buah cabe merah keriting
  3. Gunakan 20 buah cabe rawit merah
  4. Gunakan 2 buah tomat
  5. Ambil 6 buah ikan roa (buang kulit dan ambil dagingny)
  6. Gunakan Garem
  7. Ambil Gula
  8. Sediakan Royco (kaldu bubuk tergantung selera)

Bagi Anda yang sedang mengunjungi kota Manado, maka Anda pun bisa menikmati kuliner khas satu ini. Berkunjung ke Manado tampaknya kurang lengkap jika hanya menikmati pemandangan alamnya yang eksotis. Anda juga wajib mencicipi beragam kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara ini. Cakalang, dabu-dabu, ayam rica-rica hidangan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Manado.

Cara menyiapkan Sambal ikan roa khas manado:
  1. Siapkan wajan dan masukan minyak. Setelah itu iris bawang merah dan masukan bawang merah ke wajan yg telah di isi minyak. Tumis bawang merah tersebut.
  2. Setelah bawang merah di tumis. Potong tomat tersebut menjadi kecil.. lalu masukan tomat tersebut ke dalam wajan. Tumis sampe layu.
  3. Ulek cabe merah keriting dan cabe rawit merah. Setelah itu. Baru masukan lagi cabe yg telah di ulek..
  4. Ikan roa yg telah di buang kulitnya dan ambil dagingnya. Lalu goreng sebentar dan setelah itu tumbuk ikan roa tersebut.
  5. Setelah ikan roa itu di tumbuk sampe hancur. Masukan ikan roa tersebut ke dalam campuran tumisan bawang merah, cabe rawit merah, cabe merah keriting. Lalu tambahkan (garem,gula,royco secukupnya). Sambal roa siap di hidangkan..

Namun, masih kurang lengkap jika tidak mencicipi sambal roa yang. Sambal roa adalah sambal khas dari Manado yang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Ikan Roa adalah ikan laut jenis ikan terbang yang dapat ditemui di perairan laut Utara Pulau Sulawesi sampai dengan Kepulauan Maluku. Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal ikan roa khas manado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved