Cara Gampang Menyiapkan SAMBAL ROA (KHAS MANADO) Anti Gagal

Rosetta Wilkerson   10/08/2020 11:35

SAMBAL ROA (KHAS MANADO)
SAMBAL ROA (KHAS MANADO)

Sedang mencari inspirasi resep sambal roa (khas manado) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal roa (khas manado) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal roa (khas manado), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal roa (khas manado) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

KOMPAS.com - Manado tak hanya punya sambal dabu-dabu, tapi ada pula sambal roa. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa asap yang dihaluskan. Baca juga: Resep Ayam Woku Belanga, Masakan Ayam dari Manado dengan Rasa Pedas Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal roa (khas manado) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan SAMBAL ROA (KHAS MANADO) menggunakan 7 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan SAMBAL ROA (KHAS MANADO):
  1. Sediakan 30-35 gr ikan roa tumbuk
  2. Gunakan 100 gr cabe rawit setan (bisa dikurang atau ditambah)
  3. Ambil 75 gr bawang merah
  4. Gunakan 200 gr tomat
  5. Siapkan 1 sdt garam
  6. Siapkan 1/2 sdt gula
  7. Sediakan Secukupnya minyak untuk menumis

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap. Kuliner tersebut tersebar di beberapa daerah di nusantara, salah satunya adalah sambal ikan roa yang berasal dari Manado.

Langkah-langkah menyiapkan SAMBAL ROA (KHAS MANADO):
  1. Siapkan semua bahan
  2. Haluskan cabe (saya menggunakan chopprer)
  3. Kupas bawang, Iris dan sisihkan
  4. Iris tomat, sisihkan
  5. Tumis bawang merah hingga harum dan aga kecoklatan
  6. Masukan cabe, aduk rata
  7. Masukan tomat, aduk rata
  8. Maaukan ikan roa halus, aduk rata
  9. Masukan garam dan gula, cicipi, koreksi rasa, angkat
  10. Jadi deh, enak banget dimakan pake nasi anget2, tanpa lauk udah enak.. Wajib coba nih

Bagi Anda yang sedang mengunjungi kota Manado, maka Anda pun bisa menikmati kuliner khas satu ini. Resep Sambal Roa Asli Manado Pedas Mantap. Sambal khas Manado ini sangat cocok disantap bersama pisang goreng, singkong goreng, dan bubur Manado alias Tinutuan. Resep sambal ini cukup pedas ya, jadi silahkan sesuaikan jumlah cabe rawitnya, boleh dicampur dengan cabe merah keriting ataupun cabe. Resep Pisang Goreng Sambal Roa, Camilan Unik Khas Manado.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan SAMBAL ROA (KHAS MANADO) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved