Resep Sambal dabu dabu amih yang Sempurna

Alexander Webster   07/12/2020 16:04

Sambal dabu dabu amih
Sambal dabu dabu amih

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal dabu dabu amih yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal dabu dabu amih yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu dabu amih, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal dabu dabu amih yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal dabu dabu amih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal dabu dabu amih menggunakan 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal dabu dabu amih:
  1. Gunakan 15 biji cabe rawit
  2. Ambil 5 siung bawang merah
  3. Ambil 4 lembar daun jeruk
  4. Gunakan 2 buah tomat yg Mekel (gak terlalu Mateng)
  5. Ambil 1-2 sdm perasan jeruk nipis
  6. Sediakan secukupnya Garam
  7. Gunakan secukupnya Kaldu jamur
  8. Gunakan 2 sdm minyak goreng(minyak bekas goreng ikan /bawang putih)

Baca juga: Resep Sambal Roa Khas Manado, Enak untuk Cocolan Pisang Goreng. Salah satu makanan pendamping yang patut dicoba adalah sambal dabu-dabu yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Dikutip dari buku "Delicious Indonesian Cuisine Manado" oleh Esensi's Kitchen terbitan Penerbit Erlangga, berikut resep dan cara membuat sambal dabu-dabu : Jika biasanya membuat sambal selalu diulek kali ini resep sambal yang berbeda tanpa perlu anda ulek adalah Sambal Dabu-Dabu. Sambal yang terdiri dari cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah dan tomat serta perasan lemon cui ini bisa anda nikmati dirumah, anda tinggal mengiris semua bahannya maka sambal yang mempunyai rasa yang khas bisa langsung anda nikmati. salah satu jenis sambal kekayaan kuliner nusantara khas daerah Manado adalah sambal dabu-dabu, yang cocok disajikan dengan ikan goreng atau ikan bakar Walau terlihat cantik, tetapi Sambal Dabu-dabu ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal dabu dabu amih:
  1. Panaskan minyak goreng untuk di siram ke sambalny.. setelah panas matikan api.
  2. Iris semua bahan. Cabe rawit,bawang merah,daun jeruk jadikan satu di dalam wadah kemudian masukkan garam dan kaldu jamur.. aduk
  3. Setelah itu siram minyak panas tadi ke dalam wadah yg berisi bahan iris.aduk aduk.. setelah minyak gak terlalu panas masukkan perasan jeruk nipis,aduk kembali..
  4. Sajikan dg ikan gurami goreng ketumbar.. bisa dg semua lauk.. aku disini pake gurami yang ada di kulkas..

Pedasnya menggebu-gebu banget, tetapi memberikan efek segar saat disantap. Jika Sambal Roa memiliki aroma yang ikan banget, maka Sambal Dabu-dabu ini memiliki aroma segar. Sambal Dabu-dabu ini cocok banget untuk disantap bersama hidangan seafood. ResepMedia.com - Resep sambal dabu-dabu yang pedas. Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal dabu dabu amih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved