Resep Bolu Suri Khas Palembang, Enak

Caleb Curtis   04/07/2020 07:17

Bolu Suri Khas Palembang
Bolu Suri Khas Palembang

Sedang mencari inspirasi resep bolu suri khas palembang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu suri khas palembang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Suri dalam bahasa Palembang berarti sisir.karena tekstur kue ini jika dibelah seperti bentuk sisir. Secara umum kue ini mirip dengan bika ambon.tapi kue suri tidak beraroma daun jeruk dan serai.tidak diberi bubuk kunyit/pewarna.tepung yg digunakan hanya. Dinamakan bolu suri atau kue suri karena saat dipotong mempunyai tekstur seperti sisir/suri.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu suri khas palembang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bolu suri khas palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu suri khas palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bolu Suri Khas Palembang memakai 10 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bolu Suri Khas Palembang:
  1. Siapkan 🎃bahan biang
  2. Gunakan 3 sdt ragi instant (sy saf instant)
  3. Siapkan 130 gr terigu (sy segitiga biru)
  4. Siapkan 200 ml air hangat kuku
  5. Sediakan 🎃bahan inti
  6. Sediakan 6 butir telur
  7. Gunakan 220 gr gula pasir
  8. Siapkan 60 ml skm
  9. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk
  10. Gunakan 90 gr margarin dicairkan (sy palmia)

Kalau melihat bolu suri ini pasti kamu akan teringat akan bika ambon yang berasal dari Medan. Bolu suri yang aslinya dari Palembang ini memang bentuk dan teksturnya mirip bika ambon karena bertekstur seperti rongga-rongga pada bagian dalamnya. Hanya saja warnanya jauh lebih pucat dibanding bika. Bolu Suri Palembang - cookpad, resepnusantara.

Langkah-langkah membuat Bolu Suri Khas Palembang:
  1. Campurkan semua bahan biang dalam mangkuk aduk rata lalu tutup selama 20 menit…biang yg baik akan naik dari kondisi semula
  2. Kocok atau mixer telur dan gula sebentar saja hanya sampai gula larut…gak sampai mengembang…lalu masukkan biang…mixer hingga rata…lalu masukkan skm dan vanili…mixer hingga rata lalu masukkan margarin cair…aduk dgn spatula lalu saring adonan supaya tidak ada gumpalan
  3. Tutup dan diamkan adonan selama 1,5 jam hingga adonan naik dan berbusa
  4. Olesi loyang tulban dengan margarin lalu bedaki dengan terigu hingga seluruh bagian dalam loyang tertutup sempurna
  5. Aduk adonan lalu tuang ke dalam loyang
  6. Panaskan oven pada suhu 180°celsius selama 10 menit…masukkan loyang ke oven…panggang dengan api bawah selama 45 menit…lalu ubah ke api atas dan panggang selama 15 menit hingga bagian atas kecoklatan…lalu lakukan tes tusuk menggunakan lidi…jika tidak ada yg kengket berarti kue telah matang
  7. Keluarkan loyang dari oven…biarkan dingin dulu baru keluarkan kue dari loyang…potong dan sajikan…lihat seratnya…aduhai…seperti sisir
  8. Ni pas keluar dari oven..

Kamu bisa mendapatkan makanan khas Palembang ini di berbagai toko oleh-oleh. Agar aman, sebaiknya pastikan tanggal kadaluarsa kue ini saat membeli ya! KUE MAKSUBA Kalau dilihat-lihat penampilan dari bolu suri ini mirip kue bika ambon khas Medan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bolu khas Palembang ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan bika ambon. Namun bedanya, bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu suri lebih sederhana dibandingkan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk resep kue bika ambon.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bolu Suri Khas Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved