Langkah Mudah untuk Membuat Sambal Dabu-Dabu yang Enak

Helen Weaver   05/12/2020 05:58

Sambal Dabu-Dabu
Sambal Dabu-Dabu

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal dabu-dabu yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu-dabu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal dabu-dabu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients. It has distinctive, special taste that goes well with any meals, especially fish-based meals.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal dabu-dabu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sambal Dabu-Dabu memakai 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Dabu-Dabu:
  1. Siapkan 1 siung bawang merah jumbo
  2. Gunakan 5 Cabe Rawit Ijo
  3. Siapkan 2 Cabe Keriting
  4. Sediakan 5 Cabe Rawit Merah
  5. Sediakan 1 Tomat Merah
  6. Ambil 2 Tomat hijau
  7. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 1 batang serai
  9. Siapkan 2 sdm minyak goreng
  10. Sediakan Garam, Lada, Penyedap

We slice all the ingredient, and then pour hot cooking oil on it. But in this dish, we also use Terasi, also known as Garnalen paste or Shrimp paste. Dried Salted Fish is another common ingredients in Indonesia. Since it is an archipelago, Indonesia is rich on.

Cara membuat Sambal Dabu-Dabu:
  1. Potong-potong kecil semua bahan. Untuk tomat dipotong kotak dan isi didalam tomat dikeluarkan agar sambal tidak terlalu berair nantinya. Jadi yg dipake yg bagian kerasnya saja ya
  2. Campurkan semua bahan yg sudah dipotong diwadah. Beri Garam Lada dan Penyedap sesuai selera. Lalu aduk dan cicip(Masukan bumbu sebelum minyak ya)
  3. Panaskan minyak, setelah terlihat cukup panas siramkan ke wadah yang berisi semua bahan. Lalu aduk dan sambal dabu-dabu siap disajikan

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal dabu-dabu khas Manado terbuat dari cabai, bawang merah, daun kemangi, dan tomat. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Dabu-Dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved