Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal Dabu Anti Gagal

Carrie Gardner   20/08/2020 03:02

Sambal Dabu
Sambal Dabu

Sedang mencari ide resep sambal dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal dabu yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients. It has distinctive, special taste that goes well with any meals, especially fish-based meals.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal dabu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal dabu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Dabu memakai 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal Dabu:
  1. Ambil 5 buah tomat buang biji
  2. Sediakan 10 cabe rawit
  3. Sediakan 10 siung bawang merah
  4. Sediakan 2 buah jeruk nipis
  5. Sediakan 1/4 sdt garam
  6. Gunakan 1/4 sdt kaldu jamur
  7. Ambil 3 sdm gula pasir
  8. Ambil 50 ml minyak panas

We slice all the ingredient, and then pour hot cooking oil on it. But in this dish, we also use Terasi, also known as Garnalen paste or Shrimp paste. Dried Salted Fish is another common ingredients in Indonesia. Since it is an archipelago, Indonesia is rich on.

Langkah-langkah membuat Sambal Dabu:
  1. Iris cabe rawit, bawang merah, tomat.
  2. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, dan air perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata.
  3. Panaskan minyak goreng. Tuang ke dalam sambal. Aduk kembali.
  4. Sambal siap disajikan untuk pelengkap ikan goreng/bakar (sesuai selera).

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Sambal dabu-dabu khas Manado terbuat dari cabai, bawang merah, daun kemangi, dan tomat. Jika biasanya membuat sambal selalu diulek kali ini resep sambal yang berbeda tanpa perlu anda ulek adalah Sambal Dabu-Dabu. Sambal yang terdiri dari cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah dan tomat serta perasan lemon cui ini bisa anda nikmati dirumah, anda tinggal mengiris semua bahannya maka sambal yang mempunyai rasa yang khas bisa langsung anda nikmati. Sambal dabu-dabu ini merupakan olahan khas kota Manado, Sulawesi Utara.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved