Bagaimana Menyiapkan Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu, Menggugah Selera

Elizabeth Hughes   17/12/2020 19:59

Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu
Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu

Lagi mencari ide resep kuwe bakar sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kuwe bakar sambal dabu-dabu yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kuwe bakar sambal dabu-dabu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kuwe bakar sambal dabu-dabu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kuwe bakar sambal dabu-dabu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu menggunakan 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu:
  1. Ambil 1 ekor ikan Kuwe Ukuran Sedang
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis
  3. Ambil 1 sdm kecap ikan
  4. Sediakan 2 buah tomat
  5. Siapkan 4 siung bawang merah
  6. Siapkan 5 buah cabe rawit
  7. Siapkan 2 buah cabe keriting
  8. Gunakan 1 buah sereh
  9. Gunakan 1 sdt garam
  10. Sediakan 1/4 sdt kaldu
  11. Ambil Secukupnya air matang
  12. Siapkan Secukupnya minyak kelapa

Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Jika sambal tersebut dibalurkan di atas berbagai lauk tersebut, lidah Anda pastinya akan terhipnotis untuk merasakan kelezatannya. Sambal dabu-dabu ini juga bisa Anda sajikan bersama dengan sambal lainnya yakni sambal bajak. Untuk membuatnya, silahkan simak artikel ini.

Langkah-langkah menyiapkan Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu:
  1. Bersihkan ikan kemudian marinasi dengan perasan jeruk nipis, garam dan kecap ikan. Diamkan 10 menit
  2. Panaskan teflon, panggang ikan dengan api kecil sampai matang. Jangan lupa dibalik
  3. Sambal Dabu-Dabu : potong/iris semua bahan sambal dabu (tomat, bawang merah, cabe, dan sereh). Beri garam, kaldu, minyak kelapa dan air matang kemudian aduk rata. Koreksi rasa
  4. Sajikan dabu dabu dengan ikan bakar selagi hangat

Itulah ulasan singkat mengenai resep sambal dabu-dabu lilang asli Manado. Kalau sambal dabu-dabu berasal dari Manado, sambal yang satu ini asalnya dari Bali. Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Resep Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Manado Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Sambal dabu dabu ini cocok sebagai pelengkap masakan jenis ikan goreng dan ikan bakar atau aneka seafood, seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung, dll.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kuwe Bakar Sambal Dabu-Dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved