Resep Bolu Suri khas palembang, Menggugah Selera

Minerva Simon   19/08/2020 15:30

Bolu Suri khas palembang
Bolu Suri khas palembang

Sedang mencari ide resep bolu suri khas palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu suri khas palembang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Suri dalam bahasa Palembang berarti sisir.karena tekstur kue ini jika dibelah seperti bentuk sisir. Secara umum kue ini mirip dengan bika ambon.tapi kue suri tidak beraroma daun jeruk dan serai.tidak diberi bubuk kunyit/pewarna.tepung yg digunakan hanya. Dinamakan bolu suri atau kue suri karena saat dipotong mempunyai tekstur seperti sisir/suri.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu suri khas palembang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bolu suri khas palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bolu suri khas palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu Suri khas palembang memakai 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu Suri khas palembang:
  1. Sediakan Bahan biang:
  2. Ambil 200 gr tepung terigu(saya pakai segitiga biru)
  3. Sediakan 1 bungkus fermipan(11 gr)
  4. Sediakan 250 air
  5. Siapkan 5 butir telur
  6. Ambil 200 gr gula pasir
  7. Gunakan 150 gr margarin cairkan
  8. Siapkan 1/2 kaleng SKM

Kalau melihat bolu suri ini pasti kamu akan teringat akan bika ambon yang berasal dari Medan. Bolu suri yang aslinya dari Palembang ini memang bentuk dan teksturnya mirip bika ambon karena bertekstur seperti rongga-rongga pada bagian dalamnya. Hanya saja warnanya jauh lebih pucat dibanding bika. Bolu Suri Palembang - cookpad, resepnusantara.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu Suri khas palembang:
  1. Siapkan bahan campur semua bahan biang dalam wadah,terigu,fermipan dan air,aduk dan diamkan selama kurang lebih 20 menit
  2. Dalam wadah terpisah campurkan telur dan gula pasir kocok hingga gula larut,tuangkan margarin yg telah dicairkan aduk rata
  3. Kemudian tambahkan SKM aduk lagi hingga semua tercampur rata, masuk kan bahan biang
  4. Aduk rata hingga adonan licin dan tidak bergerindil,tuang ke dalam baking pan yg telah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu ratakan,diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang
  5. Setelah 1jam panggang adonan hingga matang,tes tusuk ya angkat dan dinginkan,potong potong dan siap disajikan hmmmm yummmiiiii banget..like it๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Kamu bisa mendapatkan makanan khas Palembang ini di berbagai toko oleh-oleh. Agar aman, sebaiknya pastikan tanggal kadaluarsa kue ini saat membeli ya! KUE MAKSUBA Kalau dilihat-lihat penampilan dari bolu suri ini mirip kue bika ambon khas Medan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bolu khas Palembang ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan bika ambon. Namun bedanya, bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu suri lebih sederhana dibandingkan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk resep kue bika ambon.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu suri khas palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved