Resep Sambal Dabu-Dabu yang Menggugah Selera

Tillie Rodriquez   18/07/2020 15:41

Sambal Dabu-Dabu
Sambal Dabu-Dabu

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal dabu-dabu yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients. It has distinctive, special taste that goes well with any meals, especially fish-based meals.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu-dabu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal dabu-dabu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal dabu-dabu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Dabu-Dabu memakai 8 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Dabu-Dabu:
  1. Siapkan 14 bh cabe rawit merah & orange
  2. Gunakan 10 bh cabe rawit hijau
  3. Sediakan 1 bh tomat buang bijinya
  4. Siapkan 4 siung bawang merah
  5. Ambil 2 sdm perasan air jeruk nipis/lemon
  6. Ambil 1/2 sdt garam
  7. Ambil 1/2 blok maggie kaldu sapi
  8. Sediakan 5 sdm minyak goreng panas

We slice all the ingredient, and then pour hot cooking oil on it. But in this dish, we also use Terasi, also known as Garnalen paste or Shrimp paste. Dried Salted Fish is another common ingredients in Indonesia. Since it is an archipelago, Indonesia is rich on.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Dabu-Dabu:
  1. Siapkan bahan2 dan sudah dicuci bersih sebelumnya
  2. Iris kotak2 kecil tomat, dan bawang merah, cabe cukup dipotong2 aja
  3. Campur semua menjadi satu di dalam wadah lalu tambahkan garam dan kaldu blok, aduk rata
  4. Tambahkan pula air jeruk nipis/lemon. Tingkat keasamannya disesuaikan selera aja ya..
  5. Panaskan minyak goreng sampai benar2 panas. Saya lebih suka minyak bekas goreng ikan jadi ada rasa2 ikannya, kalau mau minyak goreng baru juga gpp..sesuaikan selera aja
  6. Tuang minyak goreng ke dalam sambal, aduk rata

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal dabu-dabu khas Manado terbuat dari cabai, bawang merah, daun kemangi, dan tomat. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal dabu-dabu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved