Resep Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam, Lezat Sekali

Lida Jackson   03/12/2020 10:20

Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam
Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam

Anda sedang mencari ide resep bebek goreng khas madura bumbu hitam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bebek goreng khas madura bumbu hitam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bebek goreng khas madura bumbu hitam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bebek goreng khas madura bumbu hitam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di manado susah sekali nyari bebek, apalagi bebek bumbu hitam khas Madura atau bebek Madura. Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan modifikasi masak biar gak perlu kasih mi. Selain bebek goreng, olahan bebek lainnya juga selalu dinanti pencinta kuliner.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bebek goreng khas madura bumbu hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam menggunakan 22 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam:
  1. Ambil 1 ekor Bebek (berat 1.5kg)
  2. Gunakan 1 buah Jeruk nipis
  3. Ambil 2 lembar Daun Salam
  4. Ambil 5 lembar Daun Jeruk
  5. Siapkan 1 liter Air
  6. Gunakan secukupnya Gula
  7. Ambil secukupnya Garam
  8. Ambil Bumbu Halus :
  9. Ambil 15 siung Bawang Merah
  10. Sediakan 8 siung Bawang Putih
  11. Gunakan 4 butir Kemiri
  12. Siapkan 3 ruas Kunyit
  13. Gunakan 2 ruas Jahe
  14. Sediakan 2 ruas Lengkuas
  15. Siapkan 2 batang Sereh
  16. Sediakan 1 sdm Ketumbar
  17. Siapkan 1 sdt Merica
  18. Gunakan Bumbu Hitam dihaluskan :
  19. Sediakan Bumbu ungkepan
  20. Siapkan 8 siung Bawang merah
  21. Ambil 4 buah Cabai merah
  22. Siapkan 15 buah Cabai rawit

Dinamakan bebek hitam karena diolah dari bumbu yang berwarna hitam. Tapi soal rasa, bebek hitam bikin kamu ketagihan. Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli, sebab kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep Bebek Bumbu Hitam khas Madura.

Langkah-langkah membuat Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam:
  1. Potong bebek sesuai selera, cuci bersih. Kucuri jeruk nipis dan remas2. Diamkan kurang lebih 1jam, kemudian cuci bersih kembali.
  2. Blender bumbu, kemudian masak diatas kompor. Beri daun jeruk dan daun salam. Masak hingga matang, ketika air mulai asat tambahkan sedikit minyak agar tidak lengket.
  3. Masukkan bebek yang telah di cuci bersih. Tambahkan air 1 liter / sampai menggenang.
  4. Ungkep bebek kurang lebih 1.5 - 2jam. Apabila pakai panci presto, masak kurang lebih 30menit setelah bunyi ceess. Jangan lupa berikan gula dan garam, koreksi rasa.
  5. Setelah matang, ambil bagian minyak yang diatas. Sangat sedap apabila dicampurkan nasi pada saat makan.
  6. Tiriskan bebek dan pisahkan dengan bumbunya. Karena bumbunya dibuat bumbu hitam. Goreng bebek sampai coklat ke emasan.
  7. Campurkan bahan bumbu hitam dengan bumbu hasil ungkepan, masak dengan api kecil. Aduk aduk sampai hitam. Masak kurang lebih 1-2jam.
  8. Sajikan bebek goreng bumbu hitam nya 😊 bisa ditambahkan sambal lagi ya. Untuk resep sambal bisa dilihat di resep sambal ayam goreng.

Di manado susah sekali nyari bebek, apalagi bebek bumbu hitam khas Madura atau bebek Madura. Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan. Resep Bebek Madura Bumbu Hitam - Ternyata bebek bisa menjadi masakan khas Madura, walaupn bebek bisa di jumpai di kota mana saja tapi untuk cara memasaknya Madura memiliki cara tersindiri. Nah, itulah mengapa masakan bebek yang satu ini bisa menjadi masakan khas dari kota Madura ini. Artikel sebelumnya kita telah membahas Resep Bebek Madura juga, tapi yang ini sedikit berbeda dari namanya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bebek Goreng khas Madura Bumbu Hitam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved