Resep Sambal Dabu-Dabu Anti Gagal

Blake Nash   04/07/2020 20:20

Sambal Dabu-Dabu
Sambal Dabu-Dabu

Lagi mencari inspirasi resep sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal dabu-dabu yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu-dabu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal dabu-dabu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients. It has distinctive, special taste that goes well with any meals, especially fish-based meals.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal dabu-dabu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambal Dabu-Dabu menggunakan 10 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal Dabu-Dabu:
  1. Gunakan 5 buah cabai rawit orange
  2. Ambil 5 buah cabai rawit
  3. Sediakan 1 buah tomat merah, buang tengahnya
  4. Ambil 4 siung bawang merah
  5. Gunakan 2 sdm air jeruk nipis
  6. Siapkan 1/2 sdt garam
  7. Siapkan 1/4 sdt gula pasir
  8. Gunakan 5 sdm minyak goreng panas
  9. Ambil 3 siung bawang putih
  10. Gunakan 1/4 buah bawang bombay

We slice all the ingredient, and then pour hot cooking oil on it. But in this dish, we also use Terasi, also known as Garnalen paste or Shrimp paste. Dried Salted Fish is another common ingredients in Indonesia. Since it is an archipelago, Indonesia is rich on.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Dabu-Dabu:
  1. Siapkan bahan bahan yg dibutuhkan dan cuci bersih.
  2. Iris semua bahan bentuk kubis kecil kecil, tempatkan dalam wadah. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata.
  3. Tambahkan air jeruk lemon/nipis. Sesuaikan saja dengan selera tingkat keasamannya. Aduk rata
  4. Panaskan minyak goreng. Jika sudah panas, siramkan minyak goreng ke wadah dan aduk rata
  5. Dan siap disajikan bersama dengan hidangan lainnya. Selamat mencoba

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal dabu-dabu khas Manado terbuat dari cabai, bawang merah, daun kemangi, dan tomat. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal dabu-dabu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved