Resep Nila sambal dabu dabu, Bisa Manjain Lidah

Eunice Dean   17/07/2020 04:18

Nila sambal dabu dabu
Nila sambal dabu dabu

Anda sedang mencari ide resep nila sambal dabu dabu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nila sambal dabu dabu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Nila sambal dabu dabu enak lainnya. Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nila sambal dabu dabu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nila sambal dabu dabu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nila sambal dabu dabu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nila sambal dabu dabu memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nila sambal dabu dabu:
  1. Sediakan 2 ekor nila
  2. Sediakan 10 bh bawang merah
  3. Gunakan 15 bh cabe rawit (sesuai selera)
  4. Siapkan 4 bh tomat merah & hijau (saya adanya cm yg merah)
  5. Gunakan secukupnya Jeruk nipis
  6. Ambil 1 sdt garam
  7. Sediakan 1 sdt merica
  8. Ambil 1/2 sdt gula
  9. Siapkan 1 sdt penyedap rasa

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan. Baca juga: Resep Sambal Roa Khas Manado, Enak untuk Cocolan Pisang Goreng.

Langkah-langkah membuat Nila sambal dabu dabu:
  1. Goreng nila hingga kuning keemasan dengan bumbu goreng seperti biasa kemudian tiriskab
  2. Potong kotak2 bawang merah, dan tomat. Iris tipis2 cabe rawit
  3. Tumis bumbu yang ada yg ada dengan minyak goreng bekas goreng nila tadi, sambil dimasukkan garam,gula, lada, dan penyedap rasa. Koreksi rasa setelah rasa sudah pas masukkan perasan jeruk nipis aduk rata sebentar. dengan
  4. Setelah itu siram hasil tumisan bumbu di ikan nilanya. Jadi deehhh

Salah satu makanan pendamping yang patut dicoba adalah sambal dabu-dabu yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Monggo silahkan diperhatikan segala informasi detail dibawah ini. Sambal dabu-dabu ini juga bisa Anda sajikan bersama dengan sambal lainnya yakni sambal bajak. Untuk membuatnya, silahkan simak artikel ini. Itulah ulasan singkat mengenai resep sambal dabu-dabu lilang asli Manado.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nila sambal dabu dabu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved