Resep Nasi Tim Ayam Simple yang Enak Banget

Elva Graves   23/10/2020 22:17

Nasi Tim Ayam Simple
Nasi Tim Ayam Simple

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi tim ayam simple yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi tim ayam simple yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi tim ayam simple, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi tim ayam simple enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi tim ayam simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Tim Ayam Simple memakai 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Tim Ayam Simple:
  1. Siapkan Secukupnya nasi dipenyet-penyet
  2. Siapkan 200 gram dada ayam cuci bersih lumuri garam dan air jeruk lemon/ nipis remas2, diamkan sesaat, cuci bersih kembali, pisahkan tulangnya (jangan dibuang sisihkan untuk membuat air kaldu) potong kotak dadu
  3. Siapkan Secukupnya kecap manis
  4. Sediakan Secukupnya kecap asin
  5. Gunakan 1 sendok teh minyak wijen
  6. Siapkan 1 ruas jari jahe
  7. Ambil 2 siung besar bawang putih
  8. Sediakan 1/2 siung bawang bombay
  9. Sediakan Secukupnya homemade air kaldu ayam untuk siraman dan kuah
  10. Gunakan 1 butir telur ayam rebus (boleh skip)
  11. Sediakan 1 sendok saus tiram (boleh skip kalo buat anak2)
  12. Ambil Secukupnya bawang daun iris halus
  13. Ambil Secukupnya garam, gula, merica
  14. Siapkan Minyak sayur untuk menumis
Langkah-langkah membuat Nasi Tim Ayam Simple:
  1. Tumis menggunakan minyak sayur bawang putih, bawang bombay, jahe sampai harum. Lalu masukkan potongan dada ayam, aduk rata. Masak ayam sampai berubah warnanya.
  2. Masukan kecap manis, kecap asin, saos tiram, minyak wijen, garam, gula, merica aduk sampai rata. Lalu masukan air kaldu masak sampai air kaldu menyusut. Tes rasa, sudah pas atau belum. Kemudian masukan ke dalam mangkok tahan panas, ratakan.
  3. Tuang nasi di atasnya mangkok yg sudah diisi ayam tadi, lalu padatkan. Lalu siram dengan home made kaldu ayam sampai air menutup permukaan nasi. Kemudian kukus dalam panci yg sudah dipanaskan, selama 25menit.
  4. Nasi tim ayam siap disajikan bersama kuah kaldu ayam hangat yg diberi irisan bawang daun.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Tim Ayam Simple yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved