Resep Balado ayam sambal ijo, Enak Banget

Micheal Lamb   15/12/2020 19:39

Balado ayam sambal ijo
Balado ayam sambal ijo

Anda sedang mencari ide resep balado ayam sambal ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado ayam sambal ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tips: Sambal yang dimasak lebih lama akan tahan lebih lama tanpa perlu disimpan dalam peti ais. Sambal balado yang serba guna ni boleh dihidangkan bersama ikan goreng, ayam goreng atau sambal terung. Akhir sekali, letakkan ayam di atas pinggan dan tuangkan sambal hijau yang dimasak ke atas ayam tersebut.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado ayam sambal ijo, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan balado ayam sambal ijo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah balado ayam sambal ijo yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Balado ayam sambal ijo memakai 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Balado ayam sambal ijo:
  1. Ambil ayam,potong 6
  2. Sediakan royco ayam
  3. Sediakan daun salam (tambahn dr saya)
  4. Ambil garam,gula
  5. Sediakan air untuk ungkep
  6. Sediakan Bumbu halus :(rebus dulu baru uleg kasar)
  7. Siapkan bawang putih
  8. Ambil bawang merah
  9. Siapkan cabai keriting hijau
  10. Sediakan cabai rawit hijau (selera)
  11. Sediakan tomat hijau
  12. Ambil Bahan lain :
  13. Sediakan daun jeruk
  14. Siapkan jeruk nipis
  15. Siapkan garam,kaldu,gula pasir
  16. Ambil minyak untuk menggoreng ayam

Buletin; Memang Berbaloi Pakej Penginapan STAY-Kawtim, MAKAN Unlimited, Hotel Sunway Putra Kuala Lumpur. Bukan hanya untuk masakan khas Padang saja, sambal cabai ijo juga sering dipadukan dengan bebek goreng dan ayam goreng. Ternyata cara membuat cabai ijo yang lezat sangat mudah, lho. Goreng ayam dalam minyak hingga kuning kecokelatan atau bisa Anda sesuaikan.

Cara membuat Balado ayam sambal ijo:
  1. Didihkan air,masukkan ayam,garam dan kaldu bubuk. Ungkep ayam sampai air surut dan ayam empuk.
  2. Goreng ayam sampai kecoklatan,tiriskan
  3. Tumis bumbu halus. Pakai minyak bekas goreng ayam ya.. tambahkan daun jeruk.. tambahkan gula pasir,garam dan kaldu bubuk,tes rasa
  4. Terakhir. Jika bumbu sudah hampir matang,masukkan ayam gorengnya. Aduk rata. Masak sebentar hingga keluar minyak. Matikan api.
  5. Siap disajikan…

Tumislah bumbu halus hingga matang, masukkan daun jeruk dan serai. Bagi kebanyakan orang Indonesia rasanya makan dengan apapun kurang lengkap jika belum menyantap pedasnya sambal. Lihat juga resep Tandeman Lado Mudo enak lainnya. Sumatera Barat terkenal akan makanannya yang bercita rasa pedas. Sebut saja rendang, dendeng balado, dan ayam balado.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat balado ayam sambal ijo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved