Bagaimana Membuat Sambal dabu dabu yang Bisa Manjain Lidah

Dustin Maldonado   08/08/2020 18:57

Sambal dabu dabu
Sambal dabu dabu

Sedang mencari ide resep sambal dabu dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal dabu dabu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal dabu dabu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal dabu dabu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Sambal Dabu-dabu is yet another specialty Sambal from Manado, North Sulawesi. Just like Sambal Matah from Bali, Sambal Dabu-dabu made from raw sliced ingredients. It has distinctive, special taste that goes well with any meals, especially fish-based meals.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal dabu dabu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal dabu dabu menggunakan 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal dabu dabu:
  1. Ambil 15 bh rawit merah (saya campur rawit merah dan hijau)
  2. Siapkan 10 bh bawang merah
  3. Sediakan 1 bh lemon lokal (saya jeruk nipis)
  4. Siapkan 5 bh tomat hijau ukuran kecil (saya tidak pakai kehabisan)
  5. Siapkan 2 sdm minyak goreng
  6. Gunakan Secukupnya garam
  7. Siapkan Secukupnya gula pasir
  8. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk
  9. Ambil 2 lbr daun jeruk (tambahan saya)

We slice all the ingredient, and then pour hot cooking oil on it. But in this dish, we also use Terasi, also known as Garnalen paste or Shrimp paste. Dried Salted Fish is another common ingredients in Indonesia. Since it is an archipelago, Indonesia is rich on.

Cara menyiapkan Sambal dabu dabu:
  1. Cuci bersih cabai, bawang merah dan daun jeruk. Tiriskan. Potong2 sesuai selera. Belah dua jeruk nipis, peras, sisihkan airnya.
  2. Campur jadi satu irisan bawang merah, cabai, daun jeruk. Panaskan minyak sayur, lalu tuang dalam campuran bawang, masukan garam, gula, kaldu bubuk dan air perasan jeruk. Aduk hingga rata
  3. Siap disajikan.

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Sambal dabu-dabu khas Manado terbuat dari cabai, bawang merah, daun kemangi, dan tomat. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal dabu dabu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved