Resep Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang Sempurna

Hester Jefferson   25/06/2020 05:58

Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning)
Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning)

Anda sedang mencari inspirasi resep tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Resep Dan Cara Membuat Tumpeng Nasi Kuning Komplit, Praktis & Mudah Nasi kuning merupakan masakan hasil kreasi asli dari Indonesia, bahkan untuk beberapa. Contoh Tumpeng nasi kuning dengan papan persegi. Bagi yang mau belajar bikin nasi tumpeng dengan porsi yang lumayan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) menggunakan 7 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning):
  1. Sediakan 1 kg beras
  2. Gunakan 2 genggam beras ketan
  3. Sediakan 1 sdm kunyit halus
  4. Siapkan secukupnya Garam
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Sediakan 1 buah sereh digeprek
  7. Sediakan 1,5 liter santan

Nasi kuning biasanya banyak terdapat warung makan atau penjual nasi kuning pinggir jalan. Hampir diseluruh pulau jawa terdapat nasi kuning. Nasi yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk sarapan pagi. Bagi anda yang bosan dengan nasi putih, tidak ada salahnya kalau anda.

Langkah-langkah menyiapkan Tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning):
  1. Cuci beras dan ketan sampe bersih, campur dengan kunyit, santan, garam, daun salam dan sereh.
  2. Masak dengan api sedang sampe santannya menyusut, diamkan 20 menit.
  3. Kukus nasi hingga matang
  4. Kalo mau warna kuningnya makin kinclong sebelum dikukus aduk nasi dgn 1 sdm air jeruk nipis.
  5. Panas panas langsung cetak kecetakan yg mommy sukai, biasanya yg mewakili tumpeng ya kerucut ya moms hehe. Buat yg br mo cb bikin sblum dicetak lebih baik cetakannya dikasi daun pisang ya moms, biar nasinya gampang lepas. Biarkan sampe dingin.
  6. Setelah dingin baru di letakkan ke nampan yg udah dialas daun pisang

Ternyata Santan Bahan Makanan Nasi Kuning, Nasi Tumpeng Mempunyai Khasiat Yang Luar Biasa. Tahukan anda apakah itu santan??menurut wikipedia, Santan atau santen adalah cairan putih kental yang dihasilkan dari kelapa yang diparut dan kemudian diperas bersama air. Nikmati tumpeng nasi kuning atau nasi lainnya, dengan pilihan porsi lauk ayam, telur, urao, dan berbagai pilihan bumbu. Nasi tumpeng adalah salah satu makanan yang seringkali kita temukan pada sebuah pesta atau perayaan masyrakat Jakarta. Nasi Tumpeng Enak, Tumpeng Sewu, Tumpeng Komplit, Tumpeng Lomba, Pesan Tumpeng Murah Di Jakarta, Pesan Tumpeng Nasi Bekasi, Pesan Tumpeng Nasi Kuning.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tumpeng komplit 5 porsi (nasi kuning) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved