Bagaimana Menyiapkan Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu yang Sempurna

Teresa Murphy   21/06/2020 03:03

Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu
Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu

Anda sedang mencari inspirasi resep ikan bakar sambel dabu dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan bakar sambel dabu dabu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

pada video kali ini kami akan membuat ikan bakar sambal dabu dabu. berikut ini cara membuat sambal dabu dabu untuk ikan bakar silahkan nonton video ini sampa. Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu Grilled fish or Ikan bakar is very popular in Indonesia, especially in Sulawesi and Maluku where most of the people work as the seaman/fisherman. Untuk dapat menikmati ikan patin, Anda bisa menyantap dengan sambal dabu-dabu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan bakar sambel dabu dabu, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan bakar sambel dabu dabu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ikan bakar sambel dabu dabu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu:
  1. Siapkan 2 ekor ikan ekor merah
  2. Gunakan Jeruk nipis
  3. Gunakan 1 sachet bumbu racik ikan ukuran kecil
  4. Siapkan Bahan Olesan:
  5. Ambil 5 siung bawang merah
  6. Siapkan 3 siung bawang putih
  7. Siapkan 2 sdm kecap manis
  8. Siapkan 2 sdm mentega
  9. Siapkan 1 sdt gula merah halus

Rasa sambalnya segar sekali karena menggunakan air jeruk nipis. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu makan siang, beberapa resep olahan sambal dabu-dabu ini bisa menjadi pilihan. Terutama bagi para pecinta pedas, tentu sajian olahan sambal dabu-dabu ini bisa memanjakan lidah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan.

Langkah-langkah membuat Ikan Bakar Sambel Dabu Dabu:
  1. Cuci ikan, buang sisik dan isi perutnya, kucuri jeruk nipis, kerat kedua sisi badan ikan biarkan 30 menit, baluri bumbu racik
  2. Goreng ikan dalam minyak panas hingga ikan terendam, siram siram sisi atasnya, balik, goreng hingga ikan cukup kering kulitnya tapi jangan sampai terlalu kering
  3. Campur semua bahan olesan, olesi kedua sisi ikan
  4. Bakar ikan di atas teflon dengan api kecil, balik sisinya olesi lagi, lakukan hingga 2x supaya bumbu oles meresap ke dalam daging ikan, angkat dan sisihkan
  5. Masak sebentar sisa bahan olesan sisa di teflon, siram di atas ikan
  6. Sajikan ikan dengan sambel dabu dabu

Jika sambal dabu lebih enak dinikmati dengan sajian ikan bakar, goreng, atau seafood. Maka, colo-colo Maluku lebih enak disantap sebagai siraman pada ikan kembung serta nasi kelapanya. Anda bisa mencoba resep sambal colo-colo pedas tersebut di rumah karena bahan yang mudah dicari dan cara membuat yang hampir sama seperti dabu-dabu. Sambal dabu-dabu sangat populer di daerah Indonesia Timur, karena asal sambal ini ada di sana yaitu Manado. Dabu-dabu merupakan sambal yang umum disajikan dengan hidangan dari ikan atau seafood, seperti ikan bakar atau goreng.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ikan bakar sambel dabu dabu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved