Cara Gampang Membuat Ayam Sambal Lado Ijo yang Enak

Kathryn Hunt   07/12/2020 06:38

Ayam Sambal Lado Ijo
Ayam Sambal Lado Ijo

Lagi mencari ide resep ayam sambal lado ijo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam sambal lado ijo yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

KOMPAS.com - Jika kamu pengunjung setia dari rumah makan padang, pasti tidak asing dengan sambal ijo. Baca juga: Resep Rendang Sapi Khas Minang, Hidangan Istimewa Idul Adha Lado mudo (sebutan dari orang Padang) adalah salah satu pilihan sambal pelengkap yang dijual di rumah makan Padang. Sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas tapi tetap nikmat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam sambal lado ijo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam sambal lado ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam sambal lado ijo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Sambal Lado Ijo menggunakan 16 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Sambal Lado Ijo:
  1. Ambil 1 ekor Ayam (saya pakai paha ayam semua)
  2. Gunakan 1 bh Jeruk Nipis
  3. Gunakan Secukupnya Lada Halus
  4. Ambil 3 lbr Daun Salam
  5. Gunakan 4 lbr Daun Jeruk
  6. Gunakan 1 lbr Daun Kunyit
  7. Ambil 1 btg Sereh (geprek)
  8. Gunakan 4 cm Lengkuas (geprek)
  9. Sediakan 1 bh Asam Kandis
  10. Ambil 1 bh Bunga Pekak
  11. Gunakan 5 btr Cengkeh
  12. Siapkan 2 cm Kayu Manis
  13. Gunakan 250 ml Santan Kental
  14. Siapkan 300-400 ml air
  15. Gunakan Secukupnya Garam
  16. Ambil Secukupnya Sambal Lado Ijo

Nah kali ini saya akan berbagi resep ayam goreng + Sambal lado hijau yang. Sambal cabai ijo selalu menjadi penyempurna masakan Padang. Bukan hanya untuk masakan khas Padang saja, sambal cabai ijo juga sering dipadukan dengan bebek goreng dan ayam goreng. Ternyata cara membuat cabai ijo yang lezat sangat mudah, lho.

Cara membuat Ayam Sambal Lado Ijo:
  1. Siapkan semua bahan. Ayam lumuri dengan jeruk nipis peras, cuci bersih, marinasi dengan garam dan lada.
  2. Masak air dan santan sambil terus diaduk sampai mendidih. Masukkan ayam dan semua sisa bahan, jangan lupa terus diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Kalau sudah terlihat ada minyak keluar, kecilkan api, aduk sesekali sampai kuah menyusut. Hati-hati jangan sampai gosong bagian bawahnya. Matikan api, ayam siap disajikan dengan tambahan sambal lado ijo dan menu lainnya.

Seyangnya daun singkong adalah barang langka di tempat tinggal saya sekarang, jadi sekarang saya makan sambal Lado Ijo ini dengan lauk apa saja : Rendang, Ayam goreng, Ikan Goreng, telur dadar. Faveret ni masakan ayam sambal hijau. Walaupun pedas, makan dengan nasi putih je pun sedap uolss! Lepas ni Kak Bell nak cuba buat resepi ayam masak hijau Thai pula. Bolehlah cuba dan share resepi ni kalau korang nak.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam sambal lado ijo yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved