Langkah Mudah untuk Membuat Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel yang Enak Banget

Dipos pada November 10, 2023

Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel

Sore-sore begini enaknya membuat Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Pagi tadi ketemuan grup Latbar Masak Palu, Baking Class sekaligus Halal Bi Halah. Menyenangkan dan mengenyangkan, banyak ilmu dan banyak makanan... salah satu member Mbak Viqayanti bawa pisang goreng tumbuk dg sambelnya yg lezatoooss.. nanya2 resep dan bahannya, sore tadi dieksekusi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel:

  1. bahan pisang goreng:
  2. 6 buah pisang kepok baiknya yg mentah (saya tadi agak mengkal jd dipakein tepung supaya tidak letoy)
  3. 3 sdm tepung beras
  4. 1 sdm tepung terigu
  5. secubit garam
  6. secukupnya air
  7. minyak goreng
  8. bahan sambel:
  9. 2 buah tomat merah
  10. 2 siung bawang merah
  11. 1 siung bawang putih
  12. 20 buah cabe rawit
  13. seujung sendok terasi
  14. gula pasir
  15. garam
  16. minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel

1
Kupas pisang.. pisang yg mentah dikupas dalam air. Tdk usah dibelah langsung goreng utuh. Goreng setengah matang
2
Tumbuk pisang. Langsung digoreng sj kalau pisangnya mentah. Kalau mengkal dicelup dulu ke dalam adonan tepung. Campur semua bahan tepung, atur kekentalan sesuai selera. Celupkan pisang yg sdh ditumbuk lalu goreng lagi hingga matang
3
Buat sambelnya.. potong2 tomat dan bawang merah, bawang putih. Panaskan minyak. Tumis tomat, cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, gula dan garam.. pindahkan keulekan lalu uleg hingga halus. Cek rasa cicipi.
4
Makan 1 sj udah kenyang.. pisgornya gede2 ๐Ÿ˜‚
Pisang Goreng Tumbuk dengan Sambel - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Kepingin makan goreng pisang, pas kepasar ketemu pisang kepok. Jd deh menu sarapan pagi didamping teh hangat, lbh enaknya lg klo ada ketan putih yg ditaburi kelapa parut atasnya. Di padang disebut jg katan goreng ๐Ÿ˜€ alias ketan n goreng pisang.

4 porsi
30 menit
"Kluay Kaek (Pisang Goreng Thailand)

"Kluay Kaek (Pisang Goreng Thailand)

9 - #BikinRamadanBerkesan Dapat pisang lilin yg matengnya pas cocok digoreng buat berbuka puasa. Dibikin kluay kaek alias pisang gorengnya org thailand. Ini salah satu street food terkenal disana. Ciri khasnya campuran kelapa parut & wijen di adonan pelapisnya. Rasanya manis2 gurih gitu.

Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir

Beli pisang dari Mang Sayur,,,,ceritanya mau dibikin pisang goreng pake tepung bumbu yg udah jd tapi dipikir2 kok bosen juga ya, pengen bikin cemilan tp resep sendiri. Dan akhirnya cari2 resep pisang goreng yg lg kekinian heuu...dapetlah dari berbagai byk resep, saya modif2 jadilah begini..hampir sama kaya bikin pisang goreng biasa sich, cuma ditambahin tepung roti aja. Hemmm....enak juga ternyata, c anak bayi juga doyan hee..

Pisang Goreng Keju #BikinRamadanBerkesan

Pisang Goreng Keju #BikinRamadanBerkesan

Buat takjil...mudah loh buatnya๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Roti Goreng Isi Pisang

Roti Goreng Isi Pisang

Assalamualaikum wr wb..... . Roti goreng jadul yg sudah ada sejak saya SD. Resep aslinya isi daging, tp saya ganti isian pisang. Krn pertama kali makan roti goreng ya isi pisang . Sumber buku resep: Tintin Rayner Kreasi Sendiri . #CookingCommunityClass #CookpadCommunity_Jember #Belajar_Cooking_Baking #ResepDapurCahaya #ResepLilisNurJember #RotiGorengIsiPisang #AnekaGorengan

14 biji
Pisang goreng mentega tabur keju

Pisang goreng mentega tabur keju

Buat camilan atau sarapan qiqiqi sama saja yang penting nyum buat seluruh keluarga..mumpung si mas pulang dari kostan hehe dia hobby banget sama pisang goreng..yuukk nih resepnya..

Pisang goreng isi

Pisang goreng isi

Iseng cuman buat abizin pisang yang udah mateng banget ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

pisang goreng wijen

pisang goreng wijen

Resepnya aku ambil dari resepnya mbak rina audie, dapur manis.blogspot.com. ternyata enak...tambahan margarin bikin pisang lembut. tambahan wijennya bikin pisang jadi lebih gurih.....terima kasih mbak rina resepnya.

5 porsi
15 menit
Pisang goreng kipas sambal tomat

Pisang goreng kipas sambal tomat

cemilan favorit keluarga, biasanya kalo pake sambel gini saya sukanya pake pisang abu, krn dagingnya gak asam dan gak terlalu lembek

Kue pisang goreng / cekodok pisang๐ŸŒ๐ŸŒ

Kue pisang goreng / cekodok pisang๐ŸŒ๐ŸŒ

Dibeliin ibu pisang barangan 1 sisir,, gak terlalu suka pisang barangan karena dr kecil udah sering bgt makan pisang itu sampe maless bgt cuma nyium baunya aja..hehehe Jadilah mau bikin.banana cake... Ehh tapi ovenan blm punya Mau pake rice cooker khawatir bantet hehehe Akhirnya digoreng ajalahh.. Tapi dimodifikasi sedikit.. Pisangnya dibejek dulu biar rasa Pisangnya nyampur sama terigu hihihi Oh yaa cekodok pisang ini.pertama kai lihat di nyonyacooking..

3 porsi
20 menit
Pisang Goreng Strawberry

Pisang Goreng Strawberry

Mumpung ada pisang dirumah yaudah digoreng aja. Pengennya sih bikin request-an si dia, pisang gorengnya gosongin dikit, hihihi

7 porsi
10 menit
Pisang Goreng Keju

Pisang Goreng Keju

Alternatif penyajian pisang goreng

4 porsi
30 menit
Pisang goreng crispy

Pisang goreng crispy

Sore sore enaknya ngopi sambil nyemil goreng pisang ๐Ÿ˜

Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir

Dulu pernah bikin yg versi di selipin coklat,terus di kasih topping meses+ keju+susu,Sekarang bikin versi yg original dgn bahan seadanya dan sederhana tapi enak rasanya

Pisang Goreng

Pisang Goreng

cemilan yang simpe dan gampang banget di buat

5 porsi
30 menit
Pisang Goreng Coklat Keju

Pisang Goreng Coklat Keju

Baru ingat kalau dapat pisang dari Ibu. Sbagian udah dibuat kolak kmarin, tinggal 2 buah mubadzir kalau gak di olah makanan. Berhubung tidak pernah ngabuburit di luar, akhirnya ngabuburitnya buat pisang goreng coklat keju๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Škbetulan juga anak dan suami sukaaa saklii๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Pisang Goreng Wijen

Pisang Goreng Wijen

Ngiler liat orang posting foto pisgor wijen. Akhir nya pas ke warung ketemu pisang kepok. Langsung deh dieksekusi..