Bagaimana Menyiapkan SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 17, 2023

SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda

Sore-sore begini enaknya membuat SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda biasanya untuk 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, kira-kira waktu penyiapan SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda oleh krasi mommy. Dengan bahan-bahan yang simpel, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sanggara Balanda adalah kue (pisang goreng) yang diberi bahan saus untuk menambah kelezatannya. SANGGARA di suku Bugis–Makassar, Sulawesi Selatan berarti “pisang goreng”. Sementara BALANDA merupakan julukan orang Bugis untuk warga Belanda yang saat itu menjajah negeri Angin Mamiri. Jadi bisa diartikan “Sanggara Balanda” adalah “pisang goreng Belanda”. Meski hanya makanan tradisional sederhana, konon warga Belanda sangat menyukai kue ini. Tidak diketahui alasannya kenapa di belakangnya ada nama Belanda-nya. Apa karena dulu awalnya merupakan dessertnya para penjajah Belanda? Ataukah karena pisang gorengnya beda dengan pisang goreng biasa, yang hanya dicelup di tepung? Sanggara Balanda adalah salah satu kue wajib muncul di acara-acara adat Bugis-Makassar. Kue ini sering kita jumpai pada saat makan di Bosara. Seperti kue-kue khas Bugis lainnya yang manis luar biasa, Sanggara Balanda juga sarat dengan gula dan telur. Ciri khas dari kuliner ini adalah harus menggunakan pisang raja yang bagus matangnya, tidak boleh menggunakan pisang lain karena beda aroma dan rasanya. Pisang raja tinggi kandungan gulanya, sehingga kalau digoreng akan terjadi proses karamelisasi yang menghasilkan aroma yang khas. Pisang digoreng dua kali. Yang pertama untuk mendapatkan aroma khas gorengan pisang raja, yang kedua untuk menempelkan baluran telurnya. Kalau langsung dicelup dan digoreng akan beda aromanya. Resep ini tidak bisa menggunakan pisang lain, harus menggunakan pisang raja yang matang sekali supaya tidak ada jejak sepet sepetnya. Tujuan bahan filling diisikan dalam keadaan masih panas, agar gula dan margarinnya meleleh. Nanti yang terlihat hanya kacangnya, margarin dan gula berubah menjadi saus. Dimakan dingin dingin akan lebih nikmat. Dalam resep ini aku sajikan dengan sedikit berbeda, yaitu tambahan susu pada isian dan campuran saus…

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda:

  1. 8 bh pisang matang
  2. 100 gr kacang tanpa kulit
  3. 50 gr gula pasir (manisnya sesuai selera)
  4. 75 gr gula Jawa
  5. 3 sdm susu bubuk
  6. 100 ml air
  7. 1 btr telur, kocok lepas
  8. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda

1
Sangrai/goreng kacang lalu tumbuk kasar, campur dengan gula pasir dan 2 sdm susu bubuk yang terlebih dulu dicairkan dengan 4 sdm air. Aduk rata, sisihkan.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 1
2
Kupas pisang dan bersihkan serat yang menempel, lalu goreng sebentar hingga sedikit kecoklatan. Angkat, tiriskan.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 2
3
Belah pisang memanjang, jangan sampai putus. Sendokkan bahan isian kedalam belahan pisang.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 3
4
Celupkan pisang isi dalam telur kocok lalu goreng sebentar hingga telur berubah warna, tidak perlu terlalu lama karena pada dasarnya semua bahan telah matang. NB : jangan dibolak-balik saat menggoreng, cukup menyiramkan minyak ke atas pisang agar lapisan telurnya matang.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 4
5
Setelah selesai digoreng, dinginkan pisang terlebih dulu sebelum disajikan.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 5
6
Sambil menunggu pisang menjadi dingin, buat saus dengan melelehkan gula Jawa yang ditambahkan 1 sdm susu bubuk dan sisa air.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 6
7
Sajikan pisang dengan siraman saus gula diatasnya.
SANGGARA BALANDA - pisang goreng Belanda - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nangka goreng tepung (campur pisang)

Nangka goreng tepung (campur pisang)

Malam hari pingin nyemil,,,yauda deh mumpung ada pisang+nangka siap diolah,,cuss ke resep🤤 #cookpad_id #masakitusaya #kedapuraja #olahanpisang #olahannangka #nangkagorengtepung

4orang
30 menit
Pisang Goreng Santan

Pisang Goreng Santan

Endollitaa😋😋

Pisang Goreng Nugget topping keju (simpel, enak dan murah)

Pisang Goreng Nugget topping keju (simpel, enak dan murah)

Sulawesi lagi musim hujan nih, enaknya buka puasa pake gorengan 😋 #BikinRamadanBerkesan

1 piring
Roti goreng pisang

Roti goreng pisang

Punya 6 biji pisang raja talun yg sudah mulai matang,eman kalo gak diberdayakan...kog pas banget hari ini anak" mau les jadi sekalian buat suguhan guru les mereka😄

Pisang goreng

Pisang goreng

Niat hati pengen bikin banana cake eh paksu mintanya pisang goreng alhasil mengalah deh.. :)

20menit
Pisang goreng wangi vanili

Pisang goreng wangi vanili

Ya itulah pokoknya. Bingung mau nulis apa lagi

Pisang Goreng Meises

Pisang Goreng Meises

3 porsi
15 menit
Pisang Tanduk Goreng Crispy

Pisang Tanduk Goreng Crispy

Bismillahirrahmanirrohim......mau buka puasa pengen yang manis". Kebetulan ada pisang tanduk 😋. Yuk ah di eksekusi 💪 #pisanggorengrenyah #AkuManis #KampoengRamadan #PekanPosbarManisGurih #cookpad_id #cookpadcommunity_bekasi

Pisang Goreng Bakwan

Pisang Goreng Bakwan

Tidak ada buah-buahan yang lebih enak daripada pisang. Selain mengandung vitamin A, pisang juga dimunati karena rasanya yang khas. Bagaimana rasanya jika pisang dan bakwan bersatu?

3 porsi
20 menit
Pisang goreng pasir

Pisang goreng pasir

Beli pisang banyak cuss bikik

Pisang goreng pasir

Pisang goreng pasir

Foto menyusul klu bikin lagi karena sudah habis diserbuu

Pisgor Jadul

Pisgor Jadul

Love banana

3 porsi
10 menit
Pisang goreng kipas#BikinRamadanBerkesan

Pisang goreng kipas#BikinRamadanBerkesan

20-05-18#BikinRamadanBerkesan, abaikn foto yg gk jelas soal ny buru2,dah mw buka puasa😆

Pisang Goreng Gandarucu

Pisang Goreng Gandarucu

Ada kiriman pisang nih, paling praktis dibikin pisang goreng. Dinikmati bareng keluarga, semua suka.

8 porsi
45 menit
Pisang Goreng Kelapa Wijen

Pisang Goreng Kelapa Wijen

Punya pisang kepok yg sdh mateng pengennya digoreng. Biar gk bosen dg pisang goreng biasa kali ini dicampur dg kelapa parut dan biji wijen. Soal rasa pastinya lebih istimewa, gurih kelapa dan wijen. Yuukk yg mau cobain, dijamin nagih hehee..

4 porsi
30 menit
Pisang Goreng Gula Merah

Pisang Goreng Gula Merah

Pisang goreng gula merah hampir selalu dibuat mama utk cemilan sore. Resepnya sederhana , rasanya pun lezat :) Semoga resep ini menambah daftar resep lezat para bunda yaaa

15 porsi
45 menit
Pisang goreng

Pisang goreng

Habis ijin ngebantuin saudaranya hajatan, si bibik bawain pisang kepok. Dibikin pisang goreng aja ah... Sore ini ngeteh sambil makan pisang goreng di cocol mentega campur susu kental manis.