Bagaimana Menyiapkan "Gaguduh" atau Pisang Goreng yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 18, 2023

"Gaguduh" atau Pisang Goreng

Menu praktis dan gampang yaitu membuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya "Gaguduh" atau Pisang Goreng yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari "Gaguduh" atau Pisang Goreng, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian "Gaguduh" atau Pisang Goreng ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng biasanya untuk 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng diperkirakan sekitar 25 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi "Gaguduh" atau Pisang Goreng bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Kalau di kalsel, penganan ini di sebut Gaguduh atau Pisang Goreng, nama indonesianya๐Ÿ˜Š. Itu kalau isinya pisang, nah kalau di ganti dengan isian yg lain, namanya jadi berubah, tergantung isian apa yg di pake. Biasanya kalau bikin selalu cemplang-cemplung ngga pake takaran karena resepnya memang mudah kok, anak kecil juga bisa hihihihh... Kali ini saya tulis resepnya spy lain kali kalo bikin rasanya sdh pas sesuai selera...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng:

  1. 250 gram Tepung Terigu
  2. 200 gram Gula Pasir
  3. 1/4 sdt Garam
  4. 1 kotak kecil Vanili Bubuk
  5. 2 butir Telur
  6. 200 ml Air
  7. ๐Ÿ’  Bahan Isian (pilih sesuai selera) ๐Ÿ’ 
  8. 6 buah Pisang Kepok/talas (dipotong dadu kecil-kecil)
  9. 250 gram Daging buah cempedak (buang bijinya)
  10. 250 gram Tape Singkong (buang seratnya)
  11. 250 gram Nangka (buang bijinya, lalu iris-iris)
  12. 2 buah Ubi jalar (potong dadu kecil-kecil) ukuran sedang

Langkah-langkah untuk membuat "Gaguduh" atau Pisang Goreng

1
Tepung, gula, garam dan vanili di campur jadi satu.
2
Tuangi air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga adonan rata dan licin.
3
Masukkan telur, aduk hingga rata.
"Gaguduh" atau Pisang Goreng - Step 3
4
Masukkan bahan isian, aduk rata. Kali ini saya pakai isian pisang talas yg dipotong kecil-kecil (sesuai selera)
"Gaguduh" atau Pisang Goreng - Step 4
5
Adonan siap di goreng.
"Gaguduh" atau Pisang Goreng - Step 5
6
Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan. Goreng adonan sesendok makan, balik jika menguning. Angkat jika menguning di kedua sisinya. Tiriskan.
"Gaguduh" atau Pisang Goreng - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pisang goreng Kipas

Pisang goreng Kipas

Makanan kesukaan,,

6 porsi
Pisang Goreng Ceres Susu

Pisang Goreng Ceres Susu

Temen buat ngeteh/ngopi sore, buat sarapan juga bisa. Seru buat temen ngobrol keluarga anaknya suka bapaknya doyan, hmm...

2 porsi
15 menit
Pisang Goreng Ala Bunda

Pisang Goreng Ala Bunda

Aneka ragam camilan sewaktu masa kanan kanak. Sekarang share Pisang Goreng Ala Bunda untuk kami anak anaknya. Kami suka pisang goreng diberi susu kental manis atau sarikaya. #ManisnyaCintaIbu

1 porsi
10 menit
Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir

Udah dari minggu lalu pengen bikin pisang goreng. Dari ajarannya mama sih kalo bikin pisang goreng ya cuma pisang goreng biasa aja nggak pake pasir2an. Apalagi bentuknya, biasanya belah biasa aja tanpa dibentuk kipas ๐Ÿ˜‚ pengen nyoba yg baru.. pengen pisang kipas goreng pasir. Cuma tinggal ngerubah bentuk irisan biar kebentuk kipas sama pas diakhir sebelum digoreng di baluri pake tepung roti kasar dulu. Terus jadi deh. Terus bahagia deh ๐Ÿ˜ sudah yuk cuss bikin!

8 porsi
Pisang Goreng ber"Topping"

Pisang Goreng ber"Topping"

Pagi-pagi pengen sarapan, tapi ga mau yang berat-berat... Goreng pisang aja lah... Tapi kok biasa banget ya.. ๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’ Biar ga biasa dikasih topping aja deh ya... Praktis, cepat, enak & lumayang kenyang... ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

3 porsi
15 menit
Pisang Tanduk Goreng Crispy

Pisang Tanduk Goreng Crispy

Bismillahirrahmanirrohim......mau buka puasa pengen yang manis". Kebetulan ada pisang tanduk ๐Ÿ˜‹. Yuk ah di eksekusi ๐Ÿ’ช #pisanggorengrenyah #AkuManis #KampoengRamadan #PekanPosbarManisGurih #cookpad_id #cookpadcommunity_bekasi

Pisang Goreng Kriuk vs Sambal MantaB

Pisang Goreng Kriuk vs Sambal MantaB

Bikin td sore skalian coba plating ala ummu sulaiman, trik 7.. tp belum setoran untuk evaluasi.. besok deh bikin lg..

Pisang Sale Goreng (anti alot)

Pisang Sale Goreng (anti alot)

Sale pisangnya bikin sendiri dari 1 sisir pisang ambon sekitar 1.5 kg (bruto) atau sekitar 15 buah pisang. Setiap pisang dibelah 2, dan jemur di bawah terik matahari sekitar 3-5 hari.

Pisang Goreng Istimewa

Pisang Goreng Istimewa

1 porsi
10 menit
Pisang goreng krispi kesu

Pisang goreng krispi kesu

Resep sendri coba2 ๐Ÿ˜Š

Wadai Untuk Untuk Pisang Khas Kalimantan (Roti Goreng Pisang)

Wadai Untuk Untuk Pisang Khas Kalimantan (Roti Goreng Pisang)

10/11/2021 (483)..... kangen bgt pengen makan wadai untuk untuk pisang, Alhamdulillah bs bikin sendiri dgn resep dr mba Rachma (dgn penyesuaian). Adonan sy tambahkan gula merah dan santan JD aromanya wangi enak deh,gula merah santan ketemu pisang Maa Syaa Allah enak bgt. Campuran gula merah dan santan itu dua hari lalu sy bikin,niatnya utk campuran bikin kue lumpang tp ternyata berubah haluan ๐Ÿ˜„ dan hari ini (09/11/2021) sy bikin utk campuran adonan roti goreng pisang alias untuk untuk pisang. Cairan gula merah santan sy bikin dr 188 gram gula aren + 65 ml santan instan + 500 ml air mineral,sy ambil bagian atasnya aja 150 ml #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia

Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir

Pisang kepoknya jangan pakai yang sudah terlalu matang karena tekstur pisangnya akan terlalu lembek dan akan menyerap banyak minyak. Saya pakai pisang yang ukuran kecil ya.

14 potong
20 menit
Goreng pisang

Goreng pisang

Renyah