Bagaimana Menyiapkan Bolu ketawa coklat yang Enak Banget

Dipos pada December 10, 2020

Bolu ketawa coklat

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bolu ketawa coklat yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bolu ketawa coklat yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bolu ketawa coklat, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu ketawa coklat bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu ketawa coklat adalah 28 cup. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu ketawa coklat oleh krasi mommy. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu ketawa coklat memakai 7 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bolu ketawa coklatnya lembuuuut bgt, layak jual bgt ya bun. Nikmat buat keluarga dan uang masuk nih buat bakulan, insyaallah laris, asal isi bakulan yg kita ttip diwarung2 diselang seling dengan menu lain, biar konsumen gak bosen. πŸ˜„πŸ˜„ Selamat mencetak uang bunda kreatif 😁😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu ketawa coklat:

  1. 250 gr terigu (sy pake yg kiloan, lbih murah n irit modal πŸ˜„)
  2. 2 sdm coklat bubuk (boleh skip bila tdk ada stok)
  3. 280 gr Gula pasir
  4. 2 butir telur ayam suhu ruang (bkn dr dlm kulkas)
  5. 2 sdt SP suhu ruang (tdk dr dlm kulkas)
  6. 200 ml susu cair (2 sdm susu coklat bbuk+air =200ml) ato air aja
  7. Secukupnya pasta dark coklat

Langkah-langkah untuk membuat Bolu ketawa coklat

1
Siapkan terlebih dahulu kukusan. Ingat, air kukusan hanya terisi 1/3 (1 inci sekali kukus) dari alas kukusan agar saat mendidih air tdk mengenai adonan, biasanya akan berakibat bantat. Panaskan kukusan hingga mendidih, kecilkan api (biar hemat gas)
Bolu ketawa coklat - Step 1
2
Ayak terigu dan bubuk coklat, sisihkan
Bolu ketawa coklat - Step 2
3
Mixer telur + gula + SP hingga tercampur rata saja, lalu masukkan terigu sebagian sambil terus dimixer dgn kecepatan terendah, diselingi dengan menuangkan susu cair, lakukan hingga habis, lalu mixer dgn kcepatan tinggi 10 menit.
Bolu ketawa coklat - Step 3
4
Siapkan cup bolu kukus, tata di cetakannya sambil menunggu adonan siap di mixer.
5
Setelah 10 menit, adonan akan mengental berjejak, matikan mixer. Campurkan pasta dark coklat secukupnya, aduk balik hingga tercampur rata, aduk santai saja.
Bolu ketawa coklat - Step 5
6
Setelah pasta tercampur rata, masukkan adonan kedalam cup bolu kukus (tdk terlalu penuh; sy utk jualan, boleh juga isi penuh). Isi paper cup dgn jumlah secukupnya utk sekali kukus.
7
Belah tengah bolu kukus dgn lidi membentuk tanda +, agar lebih manis ketawanya si bolu coklat πŸ˜„ kukus bolu 10 menit saja dengan api besar. Setelah matang, langsung angkat dan keluarkan dari cetakannya (jika dibiarkan,air embun yg menempel di cetakan kue akan cepat membasahi bagian bawah bolu)
Bolu ketawa coklat - Step 7
Bolu ketawa coklat - Step 7
8
Jika masih ada adonan tersisa, cek air di kukusan lagi, isi dengan mengangkat alas kukusan dan tuang air 1/3 jarak dasar kukusan dgn batas alas kukusan. Pasang kembali alasnya, usahakan tdk ada air yg menempel pd bagian atas alas kukusan guna mencegah bantet. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, masak bolu, dan lakukan hingga habis.
9
Bolu ketawa coklat siap dinikmati hangat. Atau biar kan dingin dan siap di kemas dan masuk bakulan πŸ˜„πŸ˜„
Bolu ketawa coklat - Step 9
10
Semoga berhasil ya bun, yg jelas sejak perdana saya membuat bolu ini, alhamdulillah berhasil. Silahkan berbagi resep ini dengan menerakan sumber resep, semoga menjadi amal jariah utk kita bersama.
Bolu ketawa coklat - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cake Chiffon Coklat lembut

Cake Chiffon Coklat lembut

Ini salah satu kue andalan saya, bisa tahan sampe 4 hari dan kenyang kalo dimakan. Jadi kalo pengen bikin kue buat umar yg enak sy pakai resep ini, insya Allah jarang banget gagalnya

5 atau lebih
1 jam
Bolu Cokelat Rice Cooker

Bolu Cokelat Rice Cooker

First time ini buat kue bolu, dengan bahan ala kadarnya yang ada didapur dan belum punya alat untuk ngukus kue, dipakailah rice cooker. But rasanya gak mengecewakan hehehe.

Bolu pisang coklat

Bolu pisang coklat

Pagi pagi ubek2 dapur buat bekel anak sekooah,bingung mau buat apa akhirnya kepikiran aja buat kue simple ini.tp sayang anaknya sdh berangkat duluan ke sekolah Krn telat matengnya.hehe gpp lah ya buat sarapan di rumah aja.

Bolu kukus pandan coklat

Bolu kukus pandan coklat

Bolu kukus pandan coklat

1 porsi
Chocolate Spongecake Sheet | Bolu Coklat Tanpa SP No BP No BS

Chocolate Spongecake Sheet | Bolu Coklat Tanpa SP No BP No BS

Baru pertama ini bikin spongecake tanpa baking powder maupun tanpa baking soda, tanpa SP juga, keren dech pokoknya, hasilnya empuk, ngembang dan ga bantet πŸ˜™ ikutan #tantanganakhirtahun dan #masakditahunbaru aja 😊 Video pembuatan spongecake ini bisa lihat disini πŸ‘‰ https://youtu.be/1bVZ2eZ2xCo

Bolu kukus coklat kopi

Bolu kukus coklat kopi

#cookpadcommunity_jakarta #paders #pr_kopilihaku

Bolu Kukus Coklat Mekar Tanpa Telur Tanpa Mixer

Bolu Kukus Coklat Mekar Tanpa Telur Tanpa Mixer

Nahhh ini dia bolu yg bkinny g pake ribet, jd buat ibu2 yg mau bkin cemilan tp males ribetny cocok nih.. Tinggal campur2 aja jd deh πŸ€—πŸ€—πŸ€— Resepny saya dpt dr channel youtube Chalistaa Kitchen.. Selamat mencoba.. #5resepterbaruku #bolukukusmekar

4 buah
Chiffon Pandan Cokelat

Chiffon Pandan Cokelat

My first Chiffon cake... Alhamdulillah jadi... Yeeeaaaay berhasil... Meski sempat maju mundur cantik, akhirnya "bismillah" berkat dorongan dan bimbingan dari teman-teman, lop yu ol... 😘😘😘 Terima kasih #dkitcheners_ untuk posbarnya kali ini dengan host Cimin Cantik #LenaπŸ’• #dkitcheners_ #ArisanRound3_21 #SiKempusSipon #CookpadCommunity_Tangerang

Bolu Air Choco Chips (panggang)

Bolu Air Choco Chips (panggang)

Kali ini saya bikin yang dipanggang. Hampir sama dengan versi kukus sebelumnya, hanya ada sedikit saja perubahan. Sediiiikiiiitttt saja. 😁. Irit bahan banget kue ini...😊(edisi tanggal tua)πŸ˜‰. Oh iya, untuk pemakaian gula pasir, boleh dikurangi ya, bila tak suka manis, dulu yang versi kukus itu saya pakai 125 g gula pasir.

9 cup
Bolu coklat keju

Bolu coklat keju

Pertama kali bikin bolu ini.. Tanpa mixer dan oven. Alhamdulillah berhasil

5 orang
30 menit
Bolu kukus coklat No egg

Bolu kukus coklat No egg

Resep sy dpt Dr komunitas Cookpad mb vidi firanti izin share mb resep ny πŸ˜‰

Bolu Kukus Keju Toping Coklat

Bolu Kukus Keju Toping Coklat

Lagi seneng nyoba-nyoba resep kali ini nyoba ngerecook resep bolu kukus kejunya mba Wenny Ang.. ☺☺ #berburucelemekemas #resolusi2019

Ogura Cokelat

Ogura Cokelat

Yummy! Paling suka kalo manggang cake wanginya kemana-mana. Terus ini hasilnya kempus dan moist bangeeet! Resep ini punya ci tintinrayner Yuk dicoba😊

Bolu Macan Coklat Mocca

Bolu Macan Coklat Mocca

Source : https://cookpad.com/id/resep/5620789-bolu-macan Walaupun motifnya blm macan banget, tp rasanyaaaaaa πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Bolu Pisang Rasa Coklat Lembut Praktis Irit😁

Bolu Pisang Rasa Coklat Lembut Praktis Irit😁

Source : Dina Syamer Syofia Memberdayakan sisa pisang ayam yg ada😁 jadilah bolu pisang yg lembut iniπŸ˜‹πŸ˜‰

Bolu toping coklat parut

Bolu toping coklat parut

Ada yang minta dibikin bolu pasta coklat tabur coklat parut..#5resepterbaruku...

Chocolate Ogura Cake

Chocolate Ogura Cake

Percobaan pertama gagal air merembes ke adonan, sebaiknya loyangnya jangan yang loyang bongkar pasang yah😁

Loyang diameter 20 porsi
Cupcake chocolate/ base cupcake /butter cake

Cupcake chocolate/ base cupcake /butter cake

Assalamu'alaikum πŸ™ kali ini mollys mau share resep base cupcake yang bisa banget di kasi topping apa aja sebelum atau sesudah di bake😍 kali ini mollys pakai choco stick untuk topping cupcakenya 😊

6 pcs
25 menit
Bolu Kukus Energen Coklat

Bolu Kukus Energen Coklat

Biasanya selalu buat yang di oven, tapi kali ini pngen nyobain yg di kukus. Rasanya tetep endesssss😁 untuk ngemil... Resep ini pernah lihat di fb tapi lupa namanya siapa, udah agak lama. Jadi aku sesuaikan dengan selera sendiri.... hhee #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #berburucelemekemas #resolusi2019