Cara Gampang Menyiapkan Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 22, 2020

Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat biasanya untuk 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kalau kamu mau, masakan Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat memakai 20 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

. 22/04/2019, . Minggu ke 16 dari 52 minggu, Resep ke 38 ๐Ÿ’•๐Ÿ’• . Source: OpiBun . Bolu Macan AKA Marmer Cake, bolu sepanjang masa yang selalu ngangenin. Apalagi inget #momenmanis bantuin Ibuk ngebaking si Bolu Macan ini. Paling takjub merhatiin Ibuk pas bebikin motif macan dengan memutar sumpit kaya spiral di adonan..... dan yang paling bikin greget lagi pas bolu matang, gak sabar rasanya nunggu Ibuk motong bolu biar bisa lihat motif macan/marmer bolunya... Love this momen๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’• . Kali ini saya nyoba baking Bolu macan resep Teh OpiBun, secara ingredient lebih hemat, tapi dengan perpaduan teknik butter cake (teknik ngengocok butter dengan gula terlebih dulu) dan chiffon cake (teknik mengocok yang memisahkan putih telur dan kuning telur), hasilnya mantap betul...mantul๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Makasih Teh Opi, punteun resepnya ada yang saya ubah, saya gak pakai daun puji dan pandan demi mirip sama macan...๐Ÿ˜˜ Jadi yang tadinya nama resep Marmer Cake Pandan Coklat jadi Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat๐Ÿ˜ Yang mau resep orisinil monggo bertamu ke CP nya teh OpiBun๐Ÿ™ . Happy baking and happy tummy everyone๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . #berburuCelemekEmas #resolusi2019 #momenmanis #siapRamadan #cookpadindonesia #komunitaspaders #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bekasi #bolumacan #marmercake #resepbolumacan_tehyanithea

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat:

  1. ๐Ÿ‘‰Bahan Adonan A:
  2. 250 gr margarin/mentega (sy 100 gr butter 150 gr margarin)
  3. 25 gr gula castor
  4. 5 butir kuning telur
  5. 180 gr tepung terigu serbaguna (sy pakai tepung protein rendah)
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 25 gr maizena
  8. 1 sdm susu bubuk (bahan tambahan sy)
  9. 1/2 sdt vanila bubuk (gantinya suji & pandan)
  10. Yang mau flavour pandan tambahkan:
  11. 50 ml air suji (20 lb daun suji+2 lembar daun pandan, blender)
  12. 1/2 sdt pasta pandan
  13. ๐Ÿ‘‰Bahan Adonan B:
  14. 5 butir putih telur
  15. 1/2 sdt cream of tar-tar (sy ganti 1/2 sdm air lemon)
  16. 1/2 sdt garam
  17. 150 gr gula kastor
  18. ๐Ÿ‘‰Bahan C:
  19. 1/2 sdt pasta coklat (sy pakai merek wilton)
  20. 1/2 sdt pasta coklat black forest (sy pakai merk wilton)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat

1
Siapkan bahan-bahan, panaskan oven 180 derajat. Oles loyang tulban dengan carlo (saya oles loyang dengan margarin yang ditaburi tepung terigu tipis-tipis). Ayak terigu, susu bubuk, maizena, baking powder, vanila bubuk sisihkan.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 1
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 1
2
Adonan A: kocok margarin/mentega dengan gula kastor dengan mixer kecepatan sedang selama kurang lebih 7 menit (sy dengan kecepatan tinggi sekitar 5 menit), sampai mengembang lembut.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 2
3
Turunkan kecepatan mixer ke rendah. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu, bergantian dengan campuran terigu, maizena, susu bubuk, baking powder, vanili bubuk yang sudah diayak. (Selanjutnya masukan masukan pasta pandan dan air suji bagi yang ingin pandan flavour). Adonan cenderung kental dan padat. Sisihkan.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 3
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 3
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 3
4
Adonan B: Kocok putih telur, garam dengan air lemon (resep asli pakai cream of tar-tar) dengan mixer kecepatan tinggi. Setelah mulai mengembang masukkan gula kastor secara bertahap. Kocok sampai mengembang kaku atau softpeak (apabila kita ambil adonan dengan sendok adonan tidak tumpah)
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 4
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 4
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 4
5
Masukkan adonan A ke adonan B secara bertahap, aduk balik sampai tercampur rata.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 5
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 5
6
Siapkan Bahan C. Ambil 1/2 bagian adonan. Bagi 2 lagi adonan, taruh dalam mangkok. Beri 1 bagian dengan pasta coklat black forest dan 1 bagian lain dengan pasta coklat. Campur rata.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 6
7
Tuang adonan secara bergantian ke dalam loyang, adonan tanpa pasta, timpa dengan adonan coklat black forest, kemudian timpa dengan adonan coklat. Tuang bergantian. Setelah habis. Hentakkan loyang untuk menghilangkan gelembung udara dalam adonan. Buat motif macan atau marmer dengan bantuan sumpit. Tusukkan sumpit ke adonan buat gerakan memutar/spiral searah.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 7
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 7
8
Panggang dalam oven selama 30 menit dengan api bawah suhu 180 derajat dan 10 menit dengan api atas suhu 150 derajat celcius, hingga matang. Test tingkat kematangan dengan menusuk dengan tusuk gigi, kalau tidak ada yang menempel di tusuk gigi berarti bolu sudah matang (resep asli dipanggang selama 25-30 menit, sesuaikan dengan oven masing-masing). Keluarkan bolu dari oven.
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 8
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 8
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 8
9
Keluarkan bolu dari loyang, dinginkan dengan menaruh bolu di atas cooling rack, setelah dingin potong-potong bolu. Lembut no serett...mantul๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 9
Bolu Macan AKA Marmer Cake Vanila Coklat - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chiffon Cake Chocolate Pandan

Chiffon Cake Chocolate Pandan

Assalamualaikum Selamat sore moms. Alhamdulillah hari ini mamah Aura buat Chiffon Cake yang tentunya cake nya ini ringan dan lembut.1 cake 2 rasa nih. Chocolate dan Pandan. Makan 1 potong belum cukup nih. Buktinya gak pake lama tinggal sedikt... Anak2 mamah Aura suka๐Ÿ˜‹ Source : Nyimas Vita (Palembang) #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #ChiffoncakeChoclatePandan #CookpadIndonesia #AnekaCakeBolu_MamahAura

1 loyang
1,5 jam
Bolu Kukus Pisang Cokelat (Takaran Sendok)

Bolu Kukus Pisang Cokelat (Takaran Sendok)

Resep sama kyk bolkus pisang yg prnh aku upload, cuma ini bedanya pakai coklat bubuk dan coklat batang ๐Ÿ˜Š

13-14 potong
30 menit
Bolu Coklat Milo Simple (No Egg, No Mixer, No Butter)

Bolu Coklat Milo Simple (No Egg, No Mixer, No Butter)

Selama anak-anak #schoolfromhome cemilan cepuluh mau ga mau harus ada. Kali ini anak saya yang minta jenis cemilannya, CupCake Coklat dan Keju. Otomatis saya cek @Cookpad deh dan ketemu resepnya Mba @Fitri Sasmaya yang super simple, super irit dan pas semua bahan ada. Saking simple-nya, ini semua yang bikin anak saya sendiri. Saya hanya jadi โ€˜supervisorโ€™ aja dan yang bikin โ€˜happyโ€™ ga perlu keluar alat banyak termasuk mixer ๐Ÿ˜… Yuks silahkan dicoba resepnya, ajak anak-anak untuk bikin cemilannya sendiri. Rasanya enaaak, kesukaan anak-anak Coklat dan Keju jadi lebih mudah dan irit tanpa hiasan macam-macam langsung habis. Oia resep aselinya memakai Milo Buttercream ๐Ÿ˜Š #GA_TheNextLevel #MingguKe4

4 Porsi
Bolu Pisang Kukus Coklat

Bolu Pisang Kukus Coklat

Hobi banget bikin kue yang satu ini, memanfaatkan pisang yang sudah terlalu matang dirumah.. bahannya mudah dan cepet bikinnya โค #akumanis #KampoengRamadan #Cookpadcommunity_bogor #PekanPosbarManisGurih #PekanPosbar

3 porsi
1 jam
Bolu Pisang Lapis coklat Keju (kukus)

Bolu Pisang Lapis coklat Keju (kukus)

Ceritanya kangen baking.. krn tinggal di mesa perush ga ada peralatan baking.. akhirnya pakailah garpu.. dan alakadabra.. jadilah..

16 potong.
Bolu Coklat Beton Nangka

Bolu Coklat Beton Nangka

Sedari kemarin ingin sekali ikut tantangan dari mamah untuk makanan dari #MasakSetiapBagian..๐Ÿ˜Š. Tapi waktunya tak pernah sempat karena banyaknya pekerjaan. Baru hari ini kesampaian, kebetulan kemarin beli nangka...jadi ingat akan tantangan dari mamah cookped. Biji nangka yang biasanya dibuang begitu saja jadi bisa bermanfaat untuk membikin bolu. Dan ternyata kandungan dari beton/biji nangka itu sendiri banyak sekali manfaatnya dan juga banyak nutrisinya.. #WeekandCallange #MasakSetiapBagian

Chiffon coklat

Chiffon coklat

Hasil gabud ( gagal budhal) jalan jalan akibat bingung mau ke mana hehehehe

16 potong
1 jam 15 menit
Bolu Kukus Pandan Coklat

Bolu Kukus Pandan Coklat

Bolkus yang ini lbh enak dan wangi dibanding dgn bolkus yg biasa. Kalau kukus pake cup pun ga bisa ngembang kyk bolkus mekar.

Bolu Coklat Putih Telur panggang

Bolu Coklat Putih Telur panggang

Di rumah ada putih telur sisa bikin donat karena bikin donat aku pakai kuning telur nya aja. Mubadzir kalo dibuang. Bingung dibikin apa, aku coba" bikin bolu dengan takaran aku kira" aja ๐Ÿ˜ tapi hasilnya bagus banget ๐Ÿ˜

Bolu kukus cokelat

Bolu kukus cokelat

Happy weekend mantemaaaan.... Yuk bikin bolu yg simple gapake ribet bahan2nya tapi soal rasa masyaallah enak beuuuuddddd...... Nyokelat banget lah pokonya ๐Ÿซ๐Ÿซ๐Ÿซ๐Ÿซ๐Ÿซ๐Ÿซ Buat yg suka manis boleh ditambah ya gula pasirnya. Kalo eyke gasuka makan bolu cokelat yg terlalu manis bikin eneug soalnya hehehe Aselih deh bolunya lembut, mau coba icipin? Yuk sinih mampir kerumah eyke ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Ps : Kalo mau bolunya mekar sampe pongkrek gitu pastiin kukusannya udah beruap banyak & panas. Disaat kue nya masuk kukusan, pake api sedang cenderung besar. Jangan lupa tutup kukusan dibalut serbet bersih.

Bolu coklat kukus

Bolu coklat kukus

Saya pakai loyang ukuran 20 Olesi loyang dgn mentega dasarnya aja, pinggirnya tidak usah, lalu dilapisi kertas roti.

Bolu Susu Coklat

Bolu Susu Coklat

Sejak pandemi anak2 belum pernah plesiran, liburan sekolah pun di rumah aja. Kalau ditanya, kangen liburan ke mana? Jawabnya ya Bandung ๐Ÿ˜ Untuk mengobati kangen liburan, kali ini mau coba resep oleh2 khas Bandung favorit anak2, bolu susu Lembang ala rumahan rasa coklat. Hmm... yummy ๐Ÿ˜ Resepnya mudah, irit dan less sugar. LTapi rasanya tetap lembuut... ๐Ÿ˜‹ Sumber: Youtube Atha Naufal #JelajahResepNusantara #JelajahResep

4 orang
1 jam
Bolu coklat keju

Bolu coklat keju

Bikin kue yg simple Karna lg hamil besar, Bentar lagi mw brojol harap maklum ya Bun klo jd jarang ngpost2 masakan ๐Ÿ˜˜

Ogura Cake Chocolate oven tangkring #SiapRamadhan #Momenmanis

Ogura Cake Chocolate oven tangkring #SiapRamadhan #Momenmanis

#MomenManis nunggu suami pulang kerja udah request pengen kue coklat akhirnya liat bahan di dapur seadanya langsung eksekusi ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Bolu Coklat Meses

Bolu Coklat Meses

Udah direquest sama anakยฒ dari beberapa hari yang lalu sebenernya. Dan baru sempet eksekusi sekarang. Kenapa sering banget bikin yang coklat? Ya karena itu favoritnya anakยฒ ๐Ÿ˜‚ Maafkan foto yang seadanya ya

Banana Bread with Chocolate alias Bolu Pisang dengan Coklat

Banana Bread with Chocolate alias Bolu Pisang dengan Coklat

Menjawab tantangan dari #CookpadCommunity_Bandung yang temanya bolu. Karena di rumah ada pisang yang sudah terlalu matang jadilah mencari resep yang bertema bolu pisang. Di resep aslinya pakai coklat Cadbury karena nggak ada jadinya pake DCC aja. Rasanya manis, lembut dan terasa lembab nggak kering ๐ŸŒ๐Ÿž๐Ÿซ๐Ÿฅ› Source: Echy #PejuangGoldenApron3 #BandungSilihasaan_KreasiBolu #CookpadCommunity_Bandung #CABEKU #PakKetipakTepung

1 loyang sedang
1 jam 30 menit
7. Bolu Kukus Cokelat

7. Bolu Kukus Cokelat

Udah lama nggak buka cookpad, tiba-tiba kangen dan pengen bebikinan lagi. Inget-inget apa yaa yang bahannya ada dirumah dan bikinnya gampil ๐Ÿ˜ Langsung buka2 IG karena pernah save resep yg diposting cc Tintin Rayner ๐Ÿ˜

+- 20cup
1 jam