Bagaimana Membuat Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) yang Enak

Dipos pada August 10, 2021

Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises)

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises) memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Pengen bisa bikin kue. Walaupun hanya kue sederhana dan di kukus (karena gak punya oven) hehe. Dan jadilah.....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises):

  1. 250 gram tepung teriga segitiga biru
  2. 8 sdm gula pasir (saya gak punya timbangan, jadi saya pake sendok)
  3. 1 bungkus santan kara 65 ml dicairkan dengan 100 ml air
  4. 2 butir telor
  5. 1 sdt sp/ovalet
  6. sejumput vanili
  7. sejumput garam
  8. pasta pandan
  9. meises ceres (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Kukus Belang (Pandan dan Meises)

1
Mixer gula pasir, garam, ovalet, telor hingga kental berjejak dan berwarna putih. Saya pake whisk karena gak punya mixer.
2
Masukkan santan, dan di aduk sampai rata. Kemudian tambahkan tepung terigu.
3
Setelah itu aduk lagi hingga tercampur. Bagi adonan menjadi 2 (1 diberi pasta pandan, dan 1 nya diberi meses)
4
Olesi loyang dengan margarin atau minyak goreng, kemudian masukkan adonan menggunakan centong sayur. Tepat ditengah, dan lakukan secara bergantian.
5
Masukkan kedalam.kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama 30 menit dengan tutup yang dialasi kain.
6
Tes tusuk dengan garpu, jika sudah tidak ada yang lengket di garpu. Angkat dan tunggu hangat untuk mengeluatkan dari loyang. Potong dan sajikan. Bisa juga dengan topping keju (sesuai selera)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cery Roll Cake

Cery Roll Cake

Bismillahirrahmanirrahim..... Si pinky bolu gulung ini yang lembutnya kebangetan, sebenarnya menggunakan taburan strowbery di tengahnya, di karenakan di tempat saya, memperoleh strowbery lumayan sulit, dan kalau lah ada rasanya asem banget maka saya ganti aja dalamnya dengan manisan cery..... Rasanya tetap yummy banget, suweeeer deh enak bangeeet.... #RollCake #CeryRollCakePashalenko #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Bolu marmer ekonomis 2 telur

Bolu marmer ekonomis 2 telur

Bisa buat sekedar cemilan soreΒ², #PejuangGoldenApron2

Bolu Kukus Pisang

Bolu Kukus Pisang

Sengaja nyimpen pisang ambon biar mateng banget, buat dibikin Bolu Kukus Pisang ini. Salah satu bolu pisang yang rekomended niih. Bahannya simpel dan bikinnya juga cepet cuma dikukus aja. Rasa manisnya pas dan teksturnya juga lembuuut banget. Anak-anak udah pasti suka dong, kakak udah makan 2 aja masih kurang 😁. Cocok nih buat temen ngopi β˜•. Source: Ardhani Restianti Novita Hapsari #PejuangGoldenApron3 #Minggu35 #ResepCake #ResepCemilan #LihaiRecook4_Yogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

23 potong
Bolu pisang panggang

Bolu pisang panggang

Masih ada sisa pisang yang kematangan, akhirnya dibuat bolu panggang saja.

5 orang
1 jam
Bolu Gulung Motif (dua kali percobaan hingga berhasil)

Bolu Gulung Motif (dua kali percobaan hingga berhasil)

Cerita I: Semangat bgt pgn nyoba bikin walau ketar-ketir. Beli bahan dan beli loyang. Tapi sayangnya dandang kukusan ibuku yg paling gede ndak muat pake loyang 24x24 πŸ€­πŸ˜† aduh piyee πŸ™ˆ yaudah gak jd bikin aja wes, mau pake setengah resep takut gagal, tapi..udah beli bahan dan alat sayang kalo ndak jadi. Jeng jeng jeng supermom ku dateng dong, trs ngasih ide pake panci yg gede muat, trs dikasih alas dandang sama bawahnya diganjel, horee.. Tapi sayangnya setelah aku kukus sesuai waktu yg ditentukan boluku tak mateng sempurna (aduuh bingung wes), tak kukus lagii sampe lama, tetep aja msh ada yg mbenyek πŸ™ˆ. Terus yaudah wes gak jadi ini (mikirku) tak gulung aja, gapapa gak bisa dimakan yawes (hiksπŸ₯Ί) yaaahhh pas digulung retak krn aku wes ndak fokus megangnya. Tapi tetep kulanjutin. Trs sama ibu dikukus lagi pake kukusan lain krn kan udah digulung bisa masuk. Alhamdulillah mateng 😊 meski bentuknya sudah.. yaa.. bisa dilihat yaa difotonya πŸ˜… Trs ku taruh kulkas aku buka, waow motifnya yg td ngelupas nempel lagi cuma agak geser. Gapapa wes, seneng lagi aku, bsk pengen nyoba lagi πŸ₯° πŸ˜† enak rasanya. Yeeyy gak gagal gagal amat, masih layak kan ya Terimakasih mbak @Yoshi atas ilmu dan pengalaman yg berharga ini πŸ™πŸ₯° Cerita II: semangat bikin lagi, coba pake loyang 18x18 alhamdulillah berhasil. Jd percobaan pertama gagal krn kukusan πŸ˜„πŸ™ Source: Yoshi Nur Imama #NgacoBolGulYoshi #Cookpadcommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3

Bolu Marmer Santan

Bolu Marmer Santan

Bebikinan dengan bahan minimalis πŸ˜ŠπŸ‘Œ

Bolu Kukus Kopi

Bolu Kukus Kopi

Ambil dari resepnya @cookingwithhel di YouTube. Resep asli pake kopi Toracafe, saya ganti pake kopi robustanya Excelso yg aromanya lebih kuat. Suka banget sama resep ini karena hemat telur, cuma perli sebutir saja!

Bolu choc vanila

Bolu choc vanila

Pengen ngemil kue pas lagi hujan sore2 gini kayaknya enak sambil ngeteh anget bareng keluarga..setelah buka resep di cookpad sana sini yang makin menyemangati saya utk segera kedapur akhirnya ketemu resep coba2 ala saya sendiri.hasilnya lumayan enak loh..

Bolu Gulung Kukus Lukis Motif Kartun

Bolu Gulung Kukus Lukis Motif Kartun

Hai cookpaders... Beres Clover bulan ini temanya Bolu Gulung Kukus, yang sebelumnya mbak @ Nur Yoshi , sharing ilmunya tentang bolu kukus ini. Ternyata susah2 mudah membuatnya. Setelah melalui kegagalan sampai 3 x , akhirnya yang ke 4 berhasil juga ... Horeeee..🀩🀩🀩. gak bisa di bayangkan rasa senangnya setelah membuka kertas bakingnya, ternyata aman, tidak ada nempel di kertas n tidak retak saat di gulung 😍😍😍. Hal2 yang saya perhatikan selama proses pembuatan bolu ini: 1. Adonan untuk motif, harus benar2 putih n mengembang 2. Adonan bolu, saat mengocok telur, SP n gula harus benar2 putih berjejak, karena kalau tidak , bolu akan bantat/keras. 3. Yang paling penting , saat menggulung , bolu dalam keadaan hangat, bukan panas/dingin karena bisa menyebabkan bolu pecah. 4. Saat membuat motif, perhatikan kertas baking nya harus benar2 rata tidak terlipat atau bergelombang, karena bisa juga membuat bolu retak / berlekuk. 5. Saat sebelum membuat motif, sebaiknya loyang kertas baking di olesi dengan margarine tipis2 supaya bolu tidak lengket di kertas. Source : Nur Yoshi Imama #Beres_BoluGulungLukis #BeresClover #cookpadcommunity_ palembang #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #PejuangGoldenApron3 #MamiCay

Bolu Pisang Ambon πŸ‘©β€πŸ³

Bolu Pisang Ambon πŸ‘©β€πŸ³

Iseng pertama kali bikin bolu pisang ambon, karena dirumah ada bahannya. Meskipun sedikit gosong, tapi tetep ludez 🀭

Bolu Jadoel

Bolu Jadoel

Tetiba d minta bikin pesenan bolu jadoel.. yasud ...pake barang2 yg ada d lemari es lmgs eksekusih

5 - 6 orang
1jam
Bolu Jadul Pak Sahak

Bolu Jadul Pak Sahak

Tidak semua hasil memasak yang di post di cookpad ini berhasil 100%.. bolu jadul ini salah satunya.. πŸ˜… Tetap saya post disini, karena bahkan dalam kegagalanpun kita bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.. πŸ˜‰ Jadi, dimanakah letak pembelajarannya? 1. Api. Biasanya kalau buat bolu, saya menggunakan api sedang, tapi ternyata untuk bolu ini, api sedang itu kebesaran.. jadi api yang tepat untuk otang adalah api sedang cenderung ke kecil.. tapi juga jangan sampai kekecilan.. 2. Coklat pasta lebih baik. Lihat pola coklat di bolu saya kan? Betul, coklatnya turun ke bawah karena saya menggunakan coklat bubuk 10 gr untuk campurannya (punyanya itu πŸ˜…) tapi perbedaan 10 gr itu signifikan saat dioven..adonan yang cokelat turun dan yang putih naik ke atas dan mengembang sempurna.. πŸ˜‚ Tapi terlepas dari 2 hal itu, Alhamdulillah saya lolos dari resiko bantat.. berdasarkan notes dari yang sudah pernah mencoba resep ini kuncinya: 1. Telur dan margarin sudah di suhu ruang 2. Teknik aduk balik harus teliti agar tidak ada margarin yang mengendap di bawah Untuk rasa..bolu ini beneran enak dan seret khas bolu jadul.. recommended.. πŸ’–

Bolu susu rainbow

Bolu susu rainbow

Kebetulan doyan banget sama namanya bolu apalgi kukus lebih enak dan wajib cemilan itu drmh buatlah yg simple

2 orang
20-25 menit
Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang

Mau bikin kejutan ultah buat paksu kmrn ini, mikir keras buat bikin cake tp males yg ribet dan printilannya banyak πŸ₯΄πŸ™„ secara skill perbakinganku masih sekelas anak SD 🀣 Lalu search ketemu resep bolu susu Lembang punya Bunda Ei. Alhamdulillah hasilnya bagus meski baru first trial, dan yg bikin seneng, suami suka rasanya, dia potongin sampe habis, rasanya ga kalah sm kue yg biasa beli, katanya, hihi, syukurlah... Source : Bunda Ei #cookpadcommunity_surabaya #bolususulembang #pejuanggoldenapron3 #berburucelemekemas

Buttercake Tape

Buttercake Tape

Masih penasaran sama buttercake. Kadang bagus, kadang melempem... Alhamdulillah yg ini bagus. Pake resepnya bunda @pingkan rawung, berhasil euy.. 😍 Takaran gula saya kurangi, soalnya drumah pada kurang suka manis.. Jadi kalo bikin cake pasti takaran gila dikurangi. Yuk bun, praktek❀

1 jam 15 menit
Puding bolu gulung

Puding bolu gulung

#PejuangGoldenApron3

Bolu Pisang simpel

Bolu Pisang simpel

Kebetulan ibu mertua baru dateng dari Sodong dan bawa oleh oleh pisang lumayan banyak. Digoreng udah, di panggang keju juga udah, okedeh dibikin bolu nih yang belum. Aku recook dari bu Tintin yaa cuma modifikasi sedikit πŸ˜€

5 orang
1 jam
Bolu batik flourless keto/debm #keto

Bolu batik flourless keto/debm #keto

Ini perjajalan bikin bolu batik flourless berhasill berhasilll..